Peraturan Bulu Tangkis Sesuai Standar BWF

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Dulu, peraturan bulu tangkis ditetapkan oleh federasi badminton internasional atau disebut IBF (International Badminton Federation). Peraturan ini yang nantinya harus ditaati oleh seluruh Atlet badminton dunia.

Namun, sejak tahun 2006 lalu sampai sekarang. Federasi ini berganti nama menjadi BWF atau Badminton World Federation, seperti yang sering kita dengar sekarang.

Peraturan ini dibuat agar terdapat satu aturan baku yang ada di dunia. Sehingga pertandingan bulu tangkis juga dapat berjalan lancar dan hanya mengikuti aturan itu saja, tidak ada peraturan baru lain.

Mungkin sebagian dari kamu juga sudah paham bagaimana peraturan bulu tangkis sendiri. Tapi, apakah kamu yakin jika sudah mengetahui semuanya?

Nah, peraturan ini tidak hanya harus diketahui oleh Atlet yang sudah profesional. Tetapi juga untuk kamu yang iseng – iseng bermain badminton. Karena bagaimanapun ini akan membiasakan kamu patuh terhadap aturan.

Sebelum masuk ke aturannya, ketika hendak bermain badminton pasti kita membutuhkan peralatannya. Apa saja itu? Yuk simak lebih lanjut.

Peralatan Bermain Bulu Tangkis

Ada beberapa peralatan yang digunakan dalam permainan badminton. Di bawah ini kita akan membahasnya lebih detail.

Raket 

Peraturan Bulu Tangkis Sesuai Standar BWF

Sumber gambar : siarandepok.com

Salah satu peralatan yang dipakai dalam permainan bulutangkis yaitu Raket. Yang mana raket sendiri merupakan alat utama agar kamu bisa bermain badminton. 

Karena raket itulah yang nantinya akan kamu gunakan untuk mempertahankan bola agar tidak jatuh ke tanah. Dulu, ketika awal munculnya bulu tangkis para masyarakat memanfaatkan kayu untuk membuat raketnya, mereka mendesain sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk memukul bola atau kok bulu tangkis. 

Namun, semakin ke sini ketika badminton mulai ramai di dunia olahraga. Semakin banyak bermunculan raket dengan material yang lebih berkualitas dari mulai logam ringan sampai yang paling modern adalah komposit serat karbon. 

Kualitas bahan raket tentu akan mempengaruhi kenyamanan pemain ketika menggunakannya. Untuk ukuran raket badminton sendiri standar panjangnya yaitu 67,95 cm, dengan frame 29,21 cm x 22,86 cm. Ukuran tersebut biasa digunakan oleh pemain profesional. 

Senar Raket

Selain raket, senar juga harus kamu perhatikan materialnya. Tidak semua raket bagus memiliki senar yang bagus juga.

Jenis senar yang digunakan akan mempengaruhi raket dan kinerjanya ketika digunakan untuk memukul. Selain itu, keeratan senar terhadap raket juga penting semakin kencang ikatannya maka semakin bagus juga kinerjanya.

Tapi ingat, jangan terlalu erat juga ketika memasangkan senarnya. Khawatir nantinya justru tidak maksimal.

Kok / Shuttlecock

peraturan bulu tangkis bwf

Sumber gambar : badminton.skor.id

Jika tadi alat untuk memukul bola, maka kok adalah bola tersebut. Bola ini yang nantinya akan dipertahankan agar tidak jatuh ke tanah sehingga bisa menghasilkan poin.

Kok tersebut berbentuk kerucut terbuka yang berbahan dasar bulu atau plastik sintetis. Saat ini juga sudah banyak macam merk kok berkualitas yang menawarkan performa bagus ketika terbang. 

Dalam menggunakan peralatan bulu tangkis, juga tidak boleh sembarangan. Ada peraturan yang harus kamu ikuti juga.

Berikut ini beberapa peraturan alatnya dan peraturan bulu tangkis lainnya yang harus kamu ikuti.

Peraturan Bulu Tangkis Sesuai Standar Internasional 

Ada beberapa peraturan yang harus diterapkan ketika pertandingan. Tidak hanya peraturan tentang perlengkapannya, tapi juga terkait arena atau lapangan itu sendiri, seperti berikut ini.

Peraturan Lapangan Bulu Tangkis

Seperti yang kamu tahu, lapangan bulu tangkis berbentuk persegi atau persegi panjang. Yang dibagi menjadi 2 sama besar untuk masing masing tim.

Biasanya lantai lapangan badminton tersebut berbahan aspal atau sintetis seperti karpet. Sehingga lebih nyaman ketika diinjak.

Peraturan bulu tangkis untuk lapangan yaitu masing – masing nomor, ganda dan tunggal memiliki panjang yang sama yaitu 13,40 m dan lebarnya 6,10 m. Lapangan tersebut ditandai dengan beberapa garis berwarna.

Seperti hitam dan putih untuk menandakan garis out juga, sedangkan untuk warna dasarnya sendiri biasanya hijau. Tebal garis lapangan tersebut biasanya sekitar 3,8 cm

Hanya saja masih ada yang membedakan antara nomor ganda dan tunggal. Yaitu area bermainnya, area ini juga yang nantinya digunakan untuk servis.

Untuk nomor tunggal, area lapangannya cenderung memanjang ke belakang. Selain itu area warna hijau tersebut merupakan area bermain, di luar yang berwarna hijau maka sudah bukan miliknya lagi. 

Garis pembatas antara hijau dengan yang putih juga merupakan garis out badminton tunggal. Jadi, apabila kok yang diberikan lawan melewati garis tersebut otomatis kamu akan mendapatkan skor.

Peraturan Bulu Tangkis Sesuai Standar BWF

Sedangkan yang berwarna kuning untuk nomor ganda. Area bermain ganda cenderung melebar ke samping, sehingga lebih luas daripada yang tunggal.

Dari gambar tersebut kamu sudah bisa melihat garis pembatas antara area kuning dengan yang lain. Garis tersebut juga merupakan garis out badminton ganda ketika permainan.

Lebih lengkap mengenai peraturan lapangan bulu tangkis, bisa baca di artikel “Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Beserta Gambarnya

Setelah peraturan area permainannya. Berikut beberapa peraturan untuk perlengkapan badmintonnya.

Peraturan Net

Peraturan bulu tangkis selanjutnya adalah jaring net. Net ini juga salah satu perlengkapan yang memiliki aturan cukup banyak, ketika kamu melihat net yang terpasang di lapangan itu bukan sembarang memasang saja.

Peraturan Bulu Tangkis Sesuai Standar BWF

Sumber Gambar : kumparan.com

Ada aturan yang sudah mereka terapkan diantaranya seperti tinggi net atau tinggi tiangnya sesuai standar internasional adalah 1,55 m di tiang kanan dan kiri. Hanya saja untuk di bagian tengah tingginya sedikit berkurang yaitu 1,524 m. 

Jaring net harus dipasang secara kuat, agar net nya tidak kendor di bagian tengah dan bisa terbentang secara tegak. Panjang jaringnya sendiri sama dengan panjang lebar lapangan yaitu 6,10 m, dan untuk lebarnya sekitar 0,75 m. 

Karena berbentuk jaring, maka terdapat anyaman – anyaman. Anyaman jaring net juga memiliki aturannya sendiri yaitu kurang lebih 0,05 m setiap jaringnya. Selain itu terdapat tambahan kain atau pita putih se lebar 7,6 cm di setiap pinggir dan atas jaringnya.

Selanjutnya adalah aturan untuk kok bulu tangkis yang digunakan untuk bermain.

Peraturan Kok Bulu Tangkis

Seperti yang sudah kita singgung sedikit sebelumnya, kok ini berbahan dasar bulu atau plastik sintetis. Bulunya sendiri yaitu bulu ayam jantan atau angsa, keduanya sama – sama bagus.

Jumlah bulu yang digunakan juga sudah diatur oleh BWF, yaitu sebanyak 16 helai dengan panjang sekitar 62 mm sampai 70 mm. Dan panjang bulu nya harus sama atau seragam, tidak boleh ada yang terlalu panjang atau pendek.

Untuk diameter lingkaran bagian atas setidaknya berukuran 58 – 68 mm. Sedangkan diameter bawah di bagian gabus yang kecil sekitar 25 – 28 mm. Berikut gambaran agar lebih jelasnya.

Peraturan Bulu Tangkis Sesuai Standar BWF

Hanya saja, jika di pertandingan resmi terutama internasional. Kok yang biasa digunakan yaitu yang alami atau berasal dari bulu, bukan yang sintetis.

Tetapi, jika memang hendak menggunakan yang sintetis setidaknya kualitasnya harus sama dengan alami. Dan beratnya antara 4,74 – 5,50 gram.

Namun, peraturan bulu tangkis untuk shuttlecock ini dapat diubah apabila bertemu dengan keadaan berikut. Yaitu tempat dengan keadaan atmosfer yang berbeda atau ketinggian tempatnya tidak sesuai dengan standar kok biasanya.

Maka kok dapat dimodifikasi agar pertandingan bisa tetap berjalan. Namun tetap mematuhi aturan di atas.

Lebih detail mengenai kok bulu tangkis bisa dibaca di artikel “Kok Bulu Tangkis – Gambar & ukurannya

Jika peraturan perlengkapan dan area bermainnya sudah paham. Sekarang giliran peraturan permainan untuk masing – masing nomor yaitu tunggal dan ganda.

Peraturan Bulu Tangkis Tunggal

Terdapat beberapa aturan permainan bulu tangkis untuk nomor tunggal. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Saat permainan baru dimulai dan poin sama – sama 0. Maka servis dimulai dari sisi kanan. 
  • Pemain melakukan atau menerima servis di bidang kanan apabila poin yang saat itu didapat bernilai genap. Dan di bidang kiri apabila poinnya ganjil.
  • Setiap skor baru tercetak, masing – masing pemain akan mengubah bidang servisnya masing – masing.

Peraturan Bulu Tangkis Ganda

Untuk bulu tangkis nomor ganda, peraturannya sedikit lebih banyak dari yang tunggal. Karena bagaimanapun ini dilakukan secara berpasangan, berikut beberapa peraturannya.

  • Sebelum pertandingan, sudah ditentukan tim mana yang hendak melakukan servis terlebih dulu. Ketentuan ini dilakukan oleh wasit.
  • Pemain yang mendapat giliran melakukan servis berdiri di posisi kanan, mereka akan melakukan servis dengan memukul atau mengarahkan kok ke area lawan. 
  • Penerima servis posisinya harus berseberangan atau diagonal dengan pemberi servis.
  • Apabila kok tersebut bukan diterima oleh pemain yang seharusnya (yang berseberangan), maka poin akan diberikan oleh tim pemberi servis.

Setelah mengetahui peraturan untuk masing – masing nomor. Selanjutnya adalah aturan untuk melakukan servis.

Peraturan Servis

Jika kamu ingin melakukan servis yang benar, sah dan tidak terjadi fault. Maka harus ikuti peraturannya di bawah ini.

  • Ketika hendak memukul kok, posisikan kepala raket di bawah pegangan raket.
  • Posisi kepala raket harus lebih tinggi atau lebih rendah dari pinggang.
  • Posisi kaki ketika hendak melakukan servis harus berada di atas garis tengah lapangan atau garis depan area permainanmu sendiri.
  • Ketika hendak memukul kok, kaki kiri harus tetap diam. Tidak boleh melangkah sama sekali. 
  • Sedangkan kaki kanan hanya boleh bergeser sedikit. Tanpa diangkat dari lantai.
  • Dalam mengayunkan raket dan memukul kok harus dilakukan bersamaan.
  • Untuk penerima servis, mereka hanya boleh bergerak setelah kok dipukulkan.

Lebih detailnya bisa dibaca di artikel “Peraturan Service Bulu Tangkis

Setelah mengetahui aturan servisnya, lalu bagaimana dengan aturan perhitungan skornya? Dan berapa jumlah poin dalam permainan bulu tangkis?

Perhitungan Skor & Durasi Permainan

Selanjutnya peraturan bulu tangkis untuk skor. Sistem perhitungan skor pada permainan bulu tangkis sudah mengalami banyak perubahan dari dulu. Hingga pada Mei 2006 lalu keluar aturan baru yang sampai sekarang masih berlaku. 

Peraturan ini berlaku untuk semua nomor, baik tunggal maupun ganda, putra dan putri. Berikut beberapa aturan terkait perhitungan skor.

  • Pemain dikatakan menang apabila memenangkan dua set permainan. 
  • Jumlah poin dalam permainan bulu tangkis yaitu 21. 
  • Apabila terjadi seri, sama – sama 20 maka permainan dilanjutkan hingga salah satu mencapai 22 poin.
  • Jika sampai poin 29 masih sama – sama seri juga. Tidak diberlakukan peraturan selisih 2 lagi. Tetapi siapa yang mendapat poin 30 lebih dulu, maka ia pemenangnya.

Selanjutnya adalah durasi, sebenarnya lama pertandingan dalam permainan bulutangkis ditentukan oleh apa sih? Mungkin kamu juga tidak pernah melihat ada timer ketika pertandingan bulu tangkis.

Nah, untuk durasi permainan bulu tangkis ditentukan oleh perolehan skornya. Berbeda dengan cabang olahraga lain yang memiliki durasi waktunya sendiri – sendiri. 

Jika dalam pertandingan tersebut seri terus menerus, maka durasi permainan bisa lebih lama. Apalagi jika kedua tim memiliki skill bermain yang sangat baik. 

Namun, yang namanya permainan pastinya ada kesalahan – kesalahan yang biasa dilakukan. Kesalahan tersebut biasanya mengakibatkan tim kehilangan poin atau yang lain.

Berikut ini beberapa kesalahan yang seringkali terjadi pada permainan bulu tangkis.

  • Kok berada lebih tinggi dari pinggang pemain. Atau kepala raket, posisinya lebih tinggi dari salah satu bagian tangan pemberi servis, ketika hendak memukul kok.
  • Ketika servis, kok tidak jatuh di area yang semestinya. Entah itu melebar, tidak sampai atau di bidang yang tidak sebenarnya. Jika dari area kanan, maka kok harus jatuh di area kiri yang berseberangan begitu juga sebaliknya.
  • Posisi kaki yang melakukan servis, keluar dari bidang permainannya. 
  • Melakukan gerak yang bertujuan untuk menipu lawan.
  • Ketika pertandingan sudah dimulai, pemain tidak sengaja menyentuh tiang, net dengan menggunakan raket atau bajunya yang menempel.
  • Kok dipukul 2 kali berurutan oleh pemain yang sama.
  • Kok dipukul 2 kali berurutan oleh pemain dan pasangan mainnya.

Nah, itu kira – kira beberapa kesalahan yang biasa dialami pemain. Saat bermain, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan – kesalahan tersebut.

Selain itu, peraturan bulu tangkis diterapkan oleh seluruh pemain, khususnya yang mengikuti pertandingan. Hal ini sifatnya wajib, agar pertandingan bisa dilakukan secara sah.

Bagaimana, sekarang sudah paham dengan semua peraturan bulu tangkis yang dikeluarkan oleh BWF? Peraturan di atas, sebaiknya kamu pahami dan terapkan ketika suatu waktu nanti hendak bermain bulu tangkis.

Related Posts :

Tinggalkan komentar

12 − one =