Kok Bulu Tangkis / Shuttlecock – Gambar & Ukurannya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Kok bulu tangkis merupakan salah satu perlengkapan yang pasti ada ketika hendak bermain badminton. Karena kok itulah yang akan digunakan untuk bermain kedua tim.

Tapi untuk kamu yang sering bermain bulu tangkis, apakah tahu sebenarnya berapa aturan ukuran kok bulu tangkis yang benar? Atau hanya sekedar bermain saja. 

Mengapa sampai ukuran kok saja harus diperhatikan? Karena jika pada kompetisi, hal ini tentu akan berpengaruh pada keberhasilan tim, tentu tidak boleh terlalu berat ataupun panjang. Oleh karena itulah dikeluarkan aturan ukuran bola badminton berstandar internasional. 

Tapi, sebelum mengetahui berapa aturan bakunya. Ada baiknya kamu ketahui dulu bagaimana sejarahnya sampai bola berbahan bulu ini bisa menjadi alat bermain pada badminton.

Sejarah Kok Bulu Tangkis / Shuttlecock

Kok merupakan nama bola bulu tangkis yang biasa digunakan untuk bermain. Bola ini berbentuk kerucut terbuka yang berbahan dasar bulu. Awalnya di Inggris dulu, bola ini bernama cock, yang artinya ayam jantan.

Karena dulu berasal dari bulu ayam jantan, hanya saja karena cock sendiri di sana memiliki konotasi yang negatif, maka masyarakat lebih sering menyebutnya shuttlecock. Dan orang Indonesia sendiri lebih mudah menyebutnya dengan istilah kok. 

Tidak hanya berasal dari bulu ayam jantan, tapi juga dari bulu angsa. Bahkan ada yang berasal dari plastik, tentu dengan harga yang lebih murah.

Hanya saja untuk kok bulu tangkis yang sintetis dari plastik tersebut, jarang digunakan ketika pertandingan. Biasanya hanya digunakan ketika bermain atau berlatih biasa.

Meskipun begitu, semakin ke sini jenis kok sintetis sudah semakin bagus kualitasnya. Jadi, tidak menutup kemungkinan juga jika di perlombaan badminton ke depan kok sintetis akan digunakan.

Nah, karena kok ini dapat berpengaruh pada kualitas bermain tim maka dibuatlah aturan khususnya. Agar tim dapat bermain bulu tangkis dengan nyaman. Apa saja aturan ukurannya? Berikut penjelasannya.

Ukuran Kok Dalam Bulu Tangkis

Bahan yang digunakan untuk membuat kok tidak hanya berasal dari bulu ayam atau angsa saja. Tapi juga dari tambahan gabus kecil yang dilapisi di bagian luarnya.

Selain itu, bulu yang digunakan juga tidak sembarangan dan ada aturan berapa banyaknya. Jumlah bulu pada kok bulu tangkis yaitu sebanyak 16 helai yang dipasang secara melingkar di pangkal atau gabus tersebut.

Untuk panjang bulu kok bulu tangkis yaitu sekitar 62 mm sampai 70 mm, dan harus sama. Tidak boleh ada yang lebih pendek ataupun panjang. 

Setelah itu, jika dihitung dari ujung bulu satu ke yang lain. Sehingga membentuk lingkaran diameternya harus antara 58 mm sampai 68 mm. Sedangkan diameter pada gabus kecilnya sekitar 25 mm sampai 28 mm.

Dan apabila semua di total, berat kok dalam permainan bulu tangkis adalah 4,74 gram sampai 5,50 gram. Tidak boleh kelebihan berat karena nanti akan menyulitkan ketika terbang.

Untuk aturan kok sintetis sendiri sebenarnya sama dengan kok alami yang terbuat dari bulu. Hanya saja karena bahan yang digunakan berbeda tentu akan terdapat sedikit perbedaan ketika diterbangkan. 

Walaupun begitu, apabila hendak menggunakan kok bulu tangkis sintetis. Setidaknya karakteristiknya harus tidak jauh berbeda dengan yang alami.

Agar ada gambaran seperti apa ukurannya, sebaiknya pahami gambar kok bulu tangkis berikut.

Gambar Kok Bulu Tangkis

Jika ingin lebih paham dengan ukurannya, sebaiknya pahami gambar di bawah ini beserta keterangan ukurannya.

Gambar Kok Bulu Tangkis
Gambar Kok Bulu Tangkis

Gambar di atas merupakan yang sudah sesuai dengan standar internasional atau BWF. Dimulai dari keterangan yang paling atas adalah sebagai berikut.

  • 58 to 68 mm : merupakan diameter atas kok.
  • 16 feather : merupakan banyaknya helai bulu yang digunakan.
  • 62 to 70 mm : merupakan panjang bulu yang digunakan.
  • 25 to 28 mm : merupakan diameter bawah bagian gabus.
  • 4,74 to 5,50 gram : merupakan estimasi total berat kok.

Nah itulah kira – kira gambaran dari kok badminton yang sudah sesuai BWF.  Kamu bisa menemukan berbagai produk kok bulu tangkis yang berkualitas dari sederet merek – merek berikut.

Merk – merk Kok Bulu Tangkis

Ada banyak merk peralatan olahraga yang mengeluarkan produk kok. Di sini kita akan membahas 5 diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Yonex
Kok bulu tangkis yonex

Siapa yang tidak tahu merk olahraga satu ini. Yonex merupakan salah satu merk produk olahraga yang berasal dari Jepang. 

Tidak hanya memproduksi raket yang biasa digunakan pertandingan. Mereka juga membuat produk lain seperti kok, baju, tas yang lain.

Selain itu, mereka memiliki banyak pilihan jenis kok, dari mulai khusus untuk kompetisi dan latihan. Dengan tetap sesuai standar BWF (Badminton World Federation). Oleh karena itu, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan kok yang seperti apa.

  1. Samurai
Kok bulu tangkis samurai
Kok bulu tangkis samurai

Pilihan merk selanjutnya adalah Samurai, Samurai merupakan kok bulu tangkis yang berasal dari bulu itik yang halus. Desain yang dimiliki kok ini juga cenderung lebih runcing dari merek lainnya.

Itulah mengapa kok merek ini sangat cocok digunakan apabila kamu hendak berlatih pukulan lambung. Tapi tidak hanya untuk bermain, kamu juga bisa menggunakannya ketika perlombaan.

Karena merk ini sudah sering ditemukan di kompetisi badminton nasional. Dan seringkali dipakai para atlet ternama.

  1. Victor
Kok bulu tangkis viktor
Kok bulu tangkis viktor

Merk terbaik selanjutnya yaitu Victor. Dapat dibilang merk ini merupakan salah satu produk kok dengan material bulu angsa terbaik.

Bahkan merk ini sudah mendapatkan sertifikasi dari BWF, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Victor menyediakan berbagai pilihan tipe dari Gold sampai Master.

Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Entah untuk latihan atau pertandingan, Victor menyediakannya secara lengkap.

  1. JP Gold
Kok bulu tangkis jp gold
Kok bulu tangkis jp gold

Berbeda dengan merk Samurai yang cocok digunakan ketika berlatih pukulan lambung. Merk JP Gold ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berlatih smash atau pukulan keras. 

Karena JP Gold terbuat dari bulu angsa yang berkualitas bagus. Sehingga tidak akan cepat rusak jika untuk berlatih smash dan dipukul kencang sekalipun.

  1. Li – Ning
Kok bulu tangkis lining
Kok bulu tangkis li ning

Jika Yonex berasal dari Jepang, maka berbeda dengan merk kok ternama ini yang berasal dari Tiongkok. Li – Ning juga salah satu produk olahraga badminton yang cukup terkenal dan sering digunakan pada ajang perlombaan, bahkan sudah diakui oleh atlet dunia.

Ditambah dengan desain yang dibuat lebih stabil ketika terbang di udara. Membuat Li – Ning dapat menjadi pilihan kok bulu tangkis untuk bermain. 

Harga Kok Bulu Tangkis

Dari berbagai merk di atas, tentu memiliki harga yang berbeda – beda. Harga tersebut tergantung dengan kualitas kok nya masing – masing.

Berikut beberapa hasil harga kok bulu tangkis yang dilansir dari marketplace online. Dan dijual di official store-nya atau toko yang sudah memiliki rating tinggi.

  • Yonex : untuk harga kok Yonex original yang dijual di toko official-nya mulai dari Rp285.000 – Rp2.500.000. Harga ini tentu sebanding dengan kualitas produk Yonex. Sedangkan yang terkenal dipakai yaitu tipe Yonex Aeroclub 33 Feather, produk ini dibanderol mulai dari Rp430.000 untuk satu 1 slop kok nya.
  • Samurai : selanjutnya untuk merk ini lebih murah dari sebelumnya, hanya dibanderol mulai dari Rp88.000 saja sampai dengan Rp1.500.000. Kamu sudah bisa mendapatkan sebanyak 12 pcs. 
  • Victor : jika dilansir dari toko sports center kok ini dibanderol mulai dari Rp161.000 – Rp1.300.000. Harga ini tergantung dengan tipe yang dimiliki mulai dari Gold, Champion, Silver sampai Master.
  • JP Gold : selanjutnya adalah JP Gold, meskipun kok ini cocok digunakan untuk berlatih pukulan keras dan membutuhkan material yang bagus. Namun harga yang dibanderol tidak mahal, hanya dari Rp60.000 sampai Rp219.000 saja.
  • Li – Ning : terakhir yaitu produk Li-Ning. Kok ini dibanderol dengan harga yang cukup murah untuk produk kok ternama yaitu Rp140.000 – Rp723.000.

Nah, sampai sini kamu sudah paham kan berapa ukuran kok bulu tangkis yang benar dan bagaimana gambarannya? Dari mulai bahan yang digunakan, panjangnya, sampai jumlah helai bulu yang digunakan.

Sekarang, kamu bisa mulai pilih shuttlecock yang seperti apa dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk terus memperhatikan kualitasnya.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Mengenai Kok bulu Tangkis

  1. Nama bola bulu tangkis adalah?

    Nama bola bulu tangkis adalah Kok atau Shuttlecock

  2. Jumlah bulu pada kok bulu tangkis yaitu?

    Jumlah bulu pada kok bulu tangkis yaitu sebanyak 16 helai yang dipasang secara melingkar di pangkal atau gabus tersebut.

  3. Panjang bulu kok bulu tangkis yaitu?

    Panjang bulu kok bulu tangkis yaitu sekitar 62 mm sampai 70 mm, dan harus sama. Tidak boleh ada yang lebih pendek ataupun panjang.

  4. Berat kok dalam permainan bulu tangkis adalah?

    Berat kok dalam permainan bulu tangkis adalah 4,74 gram sampai 5,50 gram. Tidak boleh kelebihan berat karena nanti akan menyulitkan ketika terbang.

Related Posts :

Tinggalkan komentar

15 − 9 =