Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Beserta Gambarnya yang Sesuai Standar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Bagi kamu para penggemar olahraga bulu tangkis apakah sudah tahu berapa ukuran lapangan bulu tangkis. Dan seperti apa sih gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya?

Atau, kamu hanya sekedar menikmati permainannya saja? Nah, jika belum sebaiknya ketahui lebih dulu agar kamu bisa mengerti permainannya dengan detail.

Hampir sebagian besar orang Indonesia sangat gemar dengan olahraga ini. Bagaimana tidak, bulu tangkis tak henti – hentinya mencetak prestasi di ajang nasional maupun internasional.

Salah satunya adalah pada ajang Thomas Cup kemarin. Setelah penantian 19 tahun akhirnya piala Thomas Cup berhasil dibawa kembali oleh tim Indonesia.

Maka dari itu masyarakat pun tak jarang ikut memainkannya. Mungkin kamu juga salah satunya? Meskipun hanya untuk iseng bermain saja, tapi akan lebih baik jika kamu juga mengikuti standar permainannya lho, dari mulai ukuran lapangan bulu tangkis sampai ukuran net bulu tangkis.

Jika kamu belum tahu standar ukurannya, tidak perlu khawatir. Karena di sini kita akan mengupas dengan detail dari ukuran lapangan, gambaran lapangannya sampai jenis lantai yang biasa dipakai bulu tangkis.

Tapi sebelum tahu ukuran lapangan bulu tangkis, yuk ketahui dulu seperti apa sejarah permainan bulu tangkis ini.

Tentang Olahraga Bulu Tangkis / Badminton

Bulu tangkis ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang lho, seperti apa sejarahnya? Hingga sekarang kita bisa memainkan olahraga tersebut.

Sejarah Singkat Bulu Tangkis

Perjalanan terciptanya olahraga bulu tangkis ini cukup panjang, namun pada intinya olahraga ini sudah ada sejak 2.000 tahun lalu pada masa mesir kuno. Awalnya berasal dari permainan Jianzi, yang mana adalah mempertahankan bola agar tidak jatuh ke tanah.

Pada pertengahan dulu, di Inggris anak – anak mulai memainkannya, saat itu dengan nama battledores atau shuttlecocks. Permainan ini terus populer hingga pada 1854 ada salah satu majalah bernama Punch yang turut mempublikasikan bulu tangkis.

Dan ternyata, bulu tangkis ditemukan oleh tentara di Pune India ketika sedang menambah peralatan jaring. Akhirnya pasukan membawa kembali permainan ini ke Inggris. Untuk pertama kalinya tahun 1877 dibuatlah rancangan peraturan bulu tangkis, salah satunya seperti ukuran lapangan bulu tangkis.

Lalu tahun 1893 terbentuklah asosiasi bulu tangkis di Inggris, 6 tahun setelahnya, di tahun 1899 terdapat ajang perlombaan internasional pertama yaitu All England. Yang sampai saat ini masih berjalan. 

Sedangkan di Indonesia sendiri, bulu tangkis sudah masuk sejak tahun 1930 lalu. Hanya saja saat itu masih dalam masa perang, sehingga belum terlalu berkembang.

Dan akhirnya pada tahun 1947, bulu tangkis mulai populer dan mulai muncul atlet – atletnya. Lalu akhirnya seperti apa gambaran permainan bulu tangkis ini dari hasil sejarah tersebut?

Permainan Bulu Tangkis

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bulu tangkis merupakan salah satu permainan yang banyak digemari masyarakat. Bukan hanya karena atletnya sering mencetak prestasi, namun juga karena permainan ini bisa dilakukan oleh siapapun. Dan tentu olahraga ini tidak membutuhkan perlengkapan yang ribet.

Bulu tangkis atau akrab juga dengan nama badminton merupakan permainan olahraga yang dilakukan oleh 2 tim baik itu tunggal maupun pasangan ganda. Dengan cara memukul kok melewati net, agar sampai ke area lawan sehingga skor dapat tercetak.

Bulu tangkis dilakukan sebanyak 3 kali babak. Artinya jika terdapat tim yang menang 2 kali berturut turut, itulah pemenangnya. Dan tidak perlu babak selanjutnya.

Untuk tiap babaknya sendiri setidaknya mereka harus mencetak poin sebanyak 21. Apabila poinnya seri 20 – 20. Maka harus terus berlanjut sampai selisih poinnya adalah 2.

Seperti olahraga pada umumnya, bulu tangkis juga memiliki peraturannya sendiri. Diantaranya seperti ukuran lapangan bulu tangkis, panjang net bulu tangkis dan masih banyak lagi.

Apabila kamu berminat untuk bermain sesuai dengan standar permainan yang ada. Sebaiknya ketahui ukuran – ukurannya terlebih dulu di penjelasan berikut.

Gambar Lapangan Bulu Tangkis Beserta Ukurannya

Karena permainan bulu tangkis dibagi menjadi dua, yaitu single dan ganda. Maka ukuran lapangannya pun berbeda.

Secara umum, seperti yang sering kamu lihat juga. Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan dibagi dua sama besar di tengah menggunakan net.

Hanya saja terdapat perbedaan lebar antara single dan ganda. Berikut ini ukuran yang lebih detail yang sesuai dengan standar nasional dan internasional. Ukuran ini biasa digunakan pada ajang kompetisi badminton. 

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Single

Yang membedakan antara lapangan bulu tangkis single dan ganda adalah lebarnya. Ukuran ganda cenderung lebih lebar karena memang nantinya masing – masing digunakan oleh 2 orang. Berikut detail ukuran lapangan bulu tangkis single.

  • Panjang area bermain : 13,40 m.
  • Lebar area bermain : 5,18 m.
  • Panjang area penerima servis : 4,72 m.
  • Lebar area penerima servis : 2,59 m.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut.

Gambar lapangan badminton beserta ukurannya

Pada gambar berikut terdapat garis berwarna merah. Itu merupakan batasan panjang dan lebar area bermain single. Seperti keterangan yang sudah tercantum di gambar tersebut. 

Ukuran lapangan single panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,4 m dengan menggunakan garis samping bagian dalam dan lebarnya menggunakan garis belakang bagian luar yaitu 5,18 m.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda

Selanjutnya untuk ukuran lapangan bulu tangkis ganda atau double memiliki lebar lebih besar, ukuran lapangan detailnya adalah seperti berikut.

  • Panjang area bermain : 13,40 m.
  • Lebar area bermain : 6,10 m.
  • Panjang area penerima servis : 3,96 m.
  • Lebar area penerima servis : 3,05 m.

Berikut gambar lapangan bulu tangkis beserta ukurannya untuk ganda.

Gambar lapangan badminton beserta ukurannya

Lapangan bulu tangkis ganda menggunakan garis samping bagian luar juga dengan panjang 13,40 m. Hanya saja untuk ganda, lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 m dengan menggunakan garis belakang bagian dalam.

Bagaimana, sampai sini sudah cukup paham kan perbedaan ukuran lapangan single dan double terdapat pada lebarnya. Lalu bagaimana dengan ukuran net nya? Nah mari kita bahas.

Ukuran Net Bulu Tangkis

Setelah mengetahui panjang dan lebar ukuran lapangan bulu tangkis ganda dan single. Selanjutnya adalah standar ukuran net bulu tangkis yang biasa digunakan untuk bermain.

Meskipun kamu hanya sekedar bermain saja, bukan untuk perlombaan tapi sebaiknya gunakan ukuran internasional.  Berikut ini gambaran ukuran netnya.

Gambar lapangan badminton beserta ukurannya
sumber gambar : idntimes.com

Dari gambar tersebut bisa kita lihat, tinggi net pada lapangan bulu tangkis yang berstandar internasional yaitu 1,55 m. Sedangkan untuk bagian tengah terdapat beda beberapa cm yaitu 1,524 cm.

Untuk lebar net bulu tangkis yaitu 0,75 m. Dan panjang net bulu tangkis sendiri sama dengan lebar ukuran lapangan bulu tangkis yaitu 6,10 m.

Selain itu juga terdapat aturan ukuran di setiap anyaman net nya, kurang lebih sebesar 0,05 m setiap lubang anyaman. Biasanya terdapat tambahan pada puncak atas net diberi batasan berwarna putih selebar 7,5 cm. 

Bukan hanya ukuran yang harus diperhatikan, tetapi juga ketika pemasangannya. Pastikan net diletakan di tengah – tengah lapangan. Dan ketika ditarik posisinya benar – benar kuat sehingga bisa berdiri tegak di tengah netnya.

Hal itu juga sebenarnya berhubungan dengan material yang digunakan pada net. Terutama pada bagian tiangnya semakin kuat tiang maka semakin bagus, selain itu tentu harga net bulu tangkis nya juga berbeda.

Maka dari itu, di sini juga terdapat beberapa referensi harga net bulu tangkis untuk masing – masing merek.

Harga Net Bulu Tangkis

Terdapat beberapa pilihan merek net bulu tangkis yang bisa kamu pilih. Diantara adalah sebagai berikut.

  1. Net Bulu Tangkis Swash

Merek yang pertama adalah Swash, merek net ini cenderung cukup murah dan terjangkau untuk siapapun. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari 50 ribu sampai 100 ribu saja.

Untuk bahan dasar net yang digunakan yaitu benang nilon. Dengan harga yang sangat ramah kantong, kamu sudah bisa mendapatkan benang yang berkualitas, awet dan tahan lama.

  1. Net Bulu Tangkis Li Ning

Li Ning merupakan salah satu merek yang pernah memberikan sponsor ketika Asian Games 2018 lalu. Li Ning merupakan produk net buatan China yang menggunakan bahan nilon sintetis. 

Net ini dibuat dengan cara dipilin, sehingga akan lebih tahan lama. Untuk harga net nya sedikit lebih mahal mulai dari 75 ribu sampai 300 ribu.

  1. Net Bulu Tangkis RS

Beralih pada net merek lokal, RS atau Reinforce Speed merupakan produk asli Indonesia yang terdapat di Bandung. Apabila kamu hanya sekedar ingin bermain badminton biasa, RS bisa menjadi pilihan net untuk lapangan kamu.

Harganya pun sangat ramah kantong, mulai dari 50 ribu sampai 150 ribu saja. Murah kan?

  1. Net Bulu Tangkis Proteam

Mungkin kamu juga pernah mendengar merek ini di ajang kompetisi bola voli? Proteam juga salah satu produk olahraga lokal. Tidak hanya memproduksi bola, Proteam juga membuat net yang sudah berstandar internasional dengan harga yang terjangkau mulai 100 ribu sampai 300 ribu.

Itulah mengapa produk Indonesia ini sampai di ekspor ke berbagai wilayah Asia, Afrika dan Eropa.

  1. Net Bulu Tangkis Victor

Produk olahraga badminton luar negeri yang tidak kalah bagus juga yaitu Victor. Merek ini pernah menjadi sponsor utama pada ajang China Open, hal itu juga yang membuat Victor semakin dikenal para pemain bulu tangkis. Untuk harga yang dibanderol mulai dari 75 ribu sampai 250 ribu rupiah.

  1. Net Bulu Tangkis Yonex

Siapa yang tidak tahu dengan merek satu ini. Pasti kamu sering melihat produk Yonex digunakan ketika kompetisi badminton.

Produk asal Jepang ini ternyata sudah menjadi sponsor bulu tangkis utama di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Karena itu tentu tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kamu bisa mendapatkan net nya mulai dari 100 ribu sampai 300 ribu saja.

Selain net, ada perlengkapan yang lebih penting lagi untuk diperhatikan yaitu lapangan bulu tangkis.

Terdapat beberapa jenis – jenis lapangan bulu tangkis yang biasa digunakan. Langsung saja simak penjelasannya berikut.

Jenis – Jenis Lantai Lapangan Bulu Tangkis

Secara umum, yang biasa digunakan terdapat 3 jenis. Yaitu Vinyl, Interlock dan Flexi Pave yang akan kita bahas lebih detail di bawah ini.

Lapangan Badminton Vinyl

Jenis lapangan bulu tangkis yang diakui secara internasional adalah menggunakan Vinyl. Jadi apabila kamu ingin memiliki lantai lapangan badminton yang berstandar kamu bisa gunakan Vinyl.

Vinyl terbuat dari bahan PVC atau polyvinyl carbonate, jenis ini cenderung seperti karet, sehingga empuk ketika diinjak dan elastis. Oleh karena itu dapat meminimalisir cedera apabila pemain terjatuh.

Vinyl sendiri memiliki beberapa motif, salah satunya adalah Lychee yang umum digunakan. Berikut kira – kira material karpet Vinyl.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Beserta Gambarnya yang Sesuai Standar

Cukup terlihat bukan kelenturannya seperti apa? Sehingga bisa membuat pemain nyaman ketika menginjak. Untuk ketebalannya sendiri sekitar 4,5 – 5,5 mm dengan pilihan warna yang bermacam.

Karpet ini biasanya tersedia dalam bentuk gulungan atau meteran. Kamu bisa membelinya menurut ukuran lapangan bulu tangkis yang hendak dibuat.

Lapangan Badminton Interlock

Pilihan jenis lapangan bulu tangkis selanjutnya yaitu Interlock. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, jenis ini cukup lebih kaku untuk permainan badminton.

Namun memiliki ketahanan yang cukup kuat, sehingga bisa awet kira – kira sampai 8 tahun ke depan. Bahan yang digunakan adalah  Polypropylene dan lebih tebal dari Vinyl, sekitar 1 cm.

Interlock memiliki 2 jenis, yaitu untuk Indoor dan Outdoor. Kira – kira untuk lapangan bulu tangkis yang Indoor seperti ini karpetnya.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Beserta Gambarnya yang Sesuai Standar

Di bagian pinggir terdapat tempat untuk mengunci karpetnya agar tidak bergeser – geser.

Lapangan Badminton Flexi Pave

Jenis karpet lapangan terakhir adalah Flexi Pave. Jenis ini menggunakan metode pengecatan di atas aspal atau beton. Biasanya Flexi Pave ini digunakan pada lapangan outdoor, tapi tidak menutup kemungkinan juga pada indoor.

Flexi Pave juga dibagi lagi menjadi 2, dengan sillica dan tanpa sillica. Untuk yang menggunakan sillica permukaannya cukup kasar seperti gambar berikut.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Beserta Gambarnya yang Sesuai Standar

Namun, lapangan yang menggunakan jenis lantai ini akan terlihat lebih menarik karena dapat dikombinasikan dengan banyak warna sesuai kebutuhan lapangan. Selain itu pengecatan pada lantai juga dapat melindungi lapangan badminton dari kerusakan.

Nah itulah beberapa jenis – jenis lantai lapangan bulu tangkis. Apabila kamu hendak membuatnya tinggal sesuaikan dengan ukuran lapangan bulu tangkis saja. 

Dan jangan lupa untuk memperhatikan aturan perlengkapan yang lain seperti ukuran net bulu tangkis, panjang net sampai dengan tingginya.

Related Posts :

Tinggalkan komentar

five × three =