analisa bisnis lapangan futsal

Analisa Bisnis Lapangan Futsal: Modal, Keuntungan, ROI dan Tips Suksesnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Berniat membuka bisnis lapangan futsal? Sebelum merealisasikannya, sebaiknya kamu ketahui dulu hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum terjun di bisnis ini.

Mulai dari peluang, keuntungan, kekurangan, modal usaha, sampai cara menganalisis keuntungan bisnis harus kamu pahami sebelum memulai bisnis ini.

Lebih jelasnya, simak artikel ini sampai akhir, ya.

Baca Juga: Inilah 6 Perbedaan Olahraga Mini Soccer & Futsal, Mana yang Kamu Suka?

Olahraga Futsal & Peluang Bisnisnya

Analisa Bisnis Lapangan Futsal: Modal, Keuntungan, ROI dan Tips Suksesnya

Olahraga futsal merupakan olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim terdiri atas 5 pemain. Berbeda dengan  sepak bola, olahraga ini membutuhkan lapangan yang lebih kecil. Nggak salah, banyak pelajar atau mahasiswa yang gemar dengan olahraga yang satu ini.

Hal itulah yang juga jadi pertimbangan sebelum kamu membuka bisnis lapangan futsal. Peluang bisnis lapangan futsal akan lebih besar jika kamu membukanya di daerah yang penduduknya didominasi pelajar atau mahasiswa.

Berbanding terbalik jika kamu membuka usaha ini di daerah yang mayoritas penduduknya adalah para pekerja dan pensiunan. Kelompok usia ini nggak memiliki banyak waktu dan tenaga untuk bermain futsal. Maka dari itu, peluang usahanya pun jadi lebih kecil.

Untuk menganalisis peluang bisnis lapangan futsal di kota kamu, ada baiknya kamu mencari data yang valid tentang jumlah penduduk berdasarkan golongan usia di kantor BPS.

Selain itu, kamu juga bisa mengamati jumlah sekolah dan universitas yang ada di kotamu. Jika jumlahnya cukup banyak, maka peluangnya besar dan kamu bisa membuka usaha lapangan futsal.

Baca Juga: Analisa Bisnis Lapangan Mini Soccer 2023: Modal, Keuntungan dan Tips Suksesnya

Analisa Usaha Lapangan Futsal

Selain peluang usaha lapangan futsal berdasarkan lokasi, beberapa hal ini juga sebaiknya menjadi pertimbangan kamu sebelum membuka bisnis lapangan futsal. Apa saja?

Keuntungan Bisnis Lapangan Futsal

Bisnis lapangan futsal saat ini punya potensi memberikan keuntungan yang besar. Ini karena futsal menjadi olahraga yang populer di kalangan pelajar, mahasiswa, hingga pekerja.

Ya, beberapa karyawan juga menyukai olahraga ini meski intensitasnya nggak terlalu banyak. Olahraga ini bisa dijadikan wadah untuk bersosialisasi dan rekreasi bagi pekerja yang lelah dengan rutinitasnya.

Selain usaha ini memiliki pasar yang luas, pengelolaan usaha lapangan futsal ini juga terbilang mudah. Kamu hanya membutuhkan biaya perawatan yang minim.

Apalagi kalau kamu bisa mempekerjakan karyawan untuk mencatat dan membersihkan lapangan futsal. Ini bisa memperpanjang usia lapangan futsal kamu karena kamu nggak perlu memberikan perawatan khusus.

Keuntungan lain dalam membangun bisnis ini tentu saja dalam hal finansial. Saat membuat usaha ini, kamu juga bisa membuat bisnis turunan lainnya, seperti kantin, cafe, atau penyewaan alat futsal, dan sebagainya. Menguntungkan bukan?

Kelemahan Usaha Lapangan Futsal

Untuk membangun usaha lapangan futsal, kamu memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, ini akan berpengaruh ke kualitas lapangan yang akan kamu sewakan.

Dalam hal ini, kamu juga perlu memilih kontraktor lapangan futsal yang tepat. Nggak mau kan kalau sudah mengeluarkan biaya yang besar, tapi aset utama bisnis kamu mulai terjadi kerusakan dalam satu atau dua tahun pertamanya?

Kerusakan yang biasa terjadi yaitu lantai cor yang retak dan permukaan lantai yang turun. Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini sebenarnya butuh biaya yang besar juga. Apalagi, selama renovasi, kamu nggak bisa membuka penyewaan lapangan. Ini tentu akan merugikan bisnis lapangan futsal kamu.

Maka dari itu, sebelum membangun lapangan futsal, pastikan kamu memilih kontraktor lapangan futsal yang berpengalaman. Ini akan meminimalisasi hal-hal yang seharusnya nggak terjadi di usaha lapangan futsal kamu.

Baca Juga: Kontraktor Jasa Pembuatan Lapangan Sepak Bola – Raga Sport

Analisis Modal Usaha Lapangan Futsal

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, membangun bisnis lapangan futsal ini memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Supaya punya gambaran, simak perhitungan modal biaya pembuatan lapangan futsal ini, yuk!

NoModal AwalHarga
1. Pembuatan Pondasi dan lantai cor Rp80.000.000,-  
2.Konstruksi Baja (tiang dan atap)Rp240.000.000,- 
3.Lantai interlock futsalRp140.000.000,-
4.Perlengkapan lapangan futsal (lampu, bola dll)Rp6.000.000,-
5.Bangku penontonRp10.000.000,-
 Total modal bisnis lapangan futsalRp476.000.000,-

Ingat ya, perhitungan ini belum termasuk biaya lahan. Ini karena biaya lahan nantinya akan masuk dalam perhitungan nilai properti yang berbeda-beda nilainya bergantung daerah masing-masing.

Karena itu, kamu juga harus memperhatikan ukuran lapangan futsal untuk usaha supaya bisa menyesuaikan dengan budget kamu.

Baca Juga: RAB / Biaya Pembuatan Lapangan Basket 2023 (Indoor & Outdoor)

Analisa Keuntungan dan Return on Investment (ROI)

ROI adalah total biaya yang diinvestasikan telah kembali seluruhnya dari akumulasi keuntungan atau profit yang dihasilkan tiap bulan. Untuk menghitungnya, mari menghitung keuntungan bisnis kamu dengan asumsikan tarif dan jam buka bisnis kamu.

Anggap saja, bisnis lapangan futsal kamu dibuka pukul 7 pagi sampai 2 siang dengan tarif Rp100.000 per jam. Sedangkan pukul 2 siang sampai 10 malam tarifnya menjadi Rp120.000.

Jika dalam sehari setiap jamnya selalu ada yang menyewa, maka perhitungannya menjadi Rp100.000 x 7 jam = Rp700.000. Ditambah jam malamnya Rp120.000 x 8 jam menghasilkan Rp960.000. Jika ditotal, dalam sehari kamu bisa menghasilkan Rp1.660.000.

Dilihat dari perhitungan di atas, maka dalam 1 bulan, kamu akan mendapatkan pendapatan sebesar 1.660.000 x 30 hari = Rp49.800.000

Misalkan kamu juga memiliki bisnis turunan di area lapangan futsal, dengan penghasilan bersih Rp300.000 per hari, maka selama sebulan kamu mendapat keuntungan tambahan sebesar Rp9.000.000.

Dengan begitu, selama satu bulan kamu bisa mendapatkan Rp58.800.000.

Tapi, kamu juga harus memperhitungkan biaya operasional rutin yang harus kamu keluarkan seperti gaji karyawan 3 orang (Rp1.500.000 x 3 = Rp4.500.000), biaya listrik (Rp1.000.000), biaya wifi (Rp450.000), dan biaya lain-lain (Rp300.000). Totalnya senilai Rp6.250.000.

Maka, keuntungan bersih bisnis lapangan futsal kamu selama satu bulan adalah Rp58.800.000 – Rp6.250.000 = Rp52.550.000

Untuk menghitung ROI, kamu bisa menggunakan rumus ini.

ROI = (Total Penjualan-investasi)/investasi x 100%.

atau

ROI = Keuntungan/investasi x 100%

Sehingga besar ROI = Rp52.550.000/476.000.000 x 100%= 11.04% per bulan.

Artinya, kamu hanya perlu kurang lebih 9 bulan untuk mendapatkan kembali modal awal investasinya. Setelah melihat perhitungan ini, bisnis lapangan futsal jadi lebih menggiurkan bukan?

Baca Juga: Jual Karpet Lapangan Voli Terbaik Standart FIVB | Harga Terjangkau

Tips Memulai Bisnis Persewaan Lapangan Futsal

Sebelum membuka usaha lapangan futsal, ada baiknya kamu mengikuti pengalaman usaha lapangan futsal lainnya dengan menganalisis keuntungan dan kerugian bisnis ini menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats).

Strength (Kekuatan)

Kamu harus bisa menentukan kekuatan bisnis kamu dengan memberikan kualitas lapangan yang baik, fasilitas lengkap, dan service yang memuaskan. Ini akan membuat pelanggan tertarik dan kembali lagi ke lapangan futsal yang kamu miliki.

Weakness (Kelemahan)

Perawatan lapangan futsal terkadang membutuhkan biaya yang cukup besar seperti saat lantai retak, bola rusak, dan fasilitas lapangan lain yang rusak karena kualitas bangunan yang nggak bagus. Ini bisa kamu minimalisasi dengan memilih kontraktor lapangan yang berpengalaman seperti yang sudah dijelaskan di atas.

 Opportunities (Peluang)

Minimnya lapangan terbuka di perkotaan juga membuat peluang bisnis lapangan futsal ini jadi lebih besar. Belum lagi, peminat olahraga ini juga dari berbagai kalangan usia.

Threats (Risiko)

Banyaknya pesaing di bidang bisnis ini memang nggak bisa kamu hindari. Beberapa pengusaha memberikan harga yang murah dengan fasilitas lapangan yang bisa jadi lebih bagus. Ini bisa kamu jadikan panduan untuk menentukan harga sewa lapangan agar tetap bisa bersaing.

Nah, itulah yang harus kamu pertimbangkan sebelum memulai bisnis lapangan futsal. Semoga rencana usaha kamu dapat terealisasikan dengan baik ya. 

Related Posts :

Tinggalkan komentar

16 − five =