15 Rekomendasi Raket Badminton Untuk Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Rekomendasi raket badminton untuk pemula biasanya banyak dicari orang yang baru mulai bermain olahraga ini. Sementara itu, di pasaran, toko online atau toko olahraga pun sudah banyak yang menyediakan.

Seperti yang kita tahu, badminton tidak hanya dilakukan pada ajang kompetisi saja. Tapi sudah banyak dilakukan untuk sebatas permainan saja, oleh karena itu tak heran banyak pemula yang sedang mencari – cari.

Ada banyak raket badminton yang bisa kamu pilih. Kamu bisa melihat dari kualitas atau harganya, karena sekarang juga sudah banyak raket 100 ribuan terbaik yang bisa kamu coba.

Oleh karena itu di artikel kali ini kita akan mengulas 15 rekomendasi raket badminton untuk pemula beserta daftar harga raket badminton.

Tapi tidak hanya itu lho, kita juga akan membahas seperti apa ciri – ciri raket badminton yang bagus. Yuk langsung saja kamu simak.

Raket Badminton Untuk Pemula

Berikut ini 15 rekomendasi raket badminton yang bisa kamu pilih. Dan cocok digunakan untuk kamu yang masih pemula.

  1. Fuhua Raket 188
Raket badminton Fuhua Raket 188
Raket badminton Fuhua Raket 188

Apabila kamu sedang mencari raket untuk latihan sehari – hari dengan harga yang sangat terjangkau. Maka kamu bisa menggunakan Fuhua Raket.

Bukan hanya harganya yang murah, tapi raket ini juga memberikan desain yang sporty dan material yang berkualitas. Jadi, jika kamu hanya ingin menggunakan untuk bermain maka Fuhua bisa menjadi pilihan.

  1. Raket Uniker Badminton 317
Raket badminton Uniker Badminton 317
Raket badminton Uniker Badminton 317

Selanjutnya apabila kamu mencari raket dengan harga kurang dari 100 ribu, maka raket Uniker dapat menjadi pilihan kamu. Uniker ini terbuat dari alumunium di bagian frame dan besi di bagian sharp-nya. Untuk kekuatan senarnya sendiri antara 18 – 21 lbs 

Mengapa raket ini tergolong murah? Karena memang ditujukan untuk kamu yang pemula dan masih latihan. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak belajar badminton karena raketnya mahal kan?

  1. LING MEI S203
Raket badminton LING MEI S203
Raket badminton LING MEI S203

Ling Mei merupakan produk raket asal China, raket ini memiliki material alumunium dengan panjang 67 cm dan berat sekitar 95 gram. Dan kekuatan senar raket mulai dari 16 – 20 lbs.

Raket ini diproduksi dengan teknologi yang disempurnakan, sehingga dapat digunakan baik untuk pemula maupun yang sudah profesional. Selain itu harga yang ditawarkan murah, bahkan kurang dari 100 ribu rupiah.

  1. Hi – Qua Power Smash
Raket badminton Hi - Qua Power Smash
Raket badminton Hi – Qua Power Smash

Raket badminton untuk pemula selanjutnya dari brand olahraga Hi – Qua. Brand ini merupakan dari berbagai negara dan salah satunya yaitu Indonesia, mereka memproduksi alat olahraga untuk tenis, lari dan bulutangkis.

Nah, produk bulutangkis dari Hi-Qua yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu Hi-Qua Power Smash. Produk raket ini bisa kamu dapat hanya dengan harga 100 ribuan saja.

Dengan berat hanya sekitar 85 – 95 gram dan panjang 67 cm tentu cocok digunakan orang dewasa maupun anak – anak yang baru berlatih badminton.

Selain itu, mengapa dikatakan power smash? Karena raket ini dilengkapi teknologi yang membuat pukulan bisa semakin kencang. Kamu tidak perlu khawatir terkait senarnya, karena sudah sekalian dipasang dari sana.

  1. Yonex GR 201
Raket badminton Yonex GR 20
Raket badminton Yonex GR 201

Raket selanjutnya berasal dar Yonex, sekarang siapa yang tidak tahu raket merk ini. Yonex merupakan sponsor brand olahraga yang sering tampil ketika kompetisi badminton. Tak heran jika banyak atlet yang menggunakan merk ini.

Raket Yonex sendiri memiliki seri yang banyak, ada yang khusus untuk profesional maupun pemula. Kali ini yaitu seri GR 201. Memiliki pilihan warna yang cerah yaitu lime dan blue, design-nya pun elegan. Selain itu di bagian grip ukurannya cenderung kecil.

Material yang digunakan yaitu alumunium, sehingga menghasilkan performa yang bagus. Raket Yonex 201 ini cocok digunakan untuk pemula seperti anak – anak hingga orang dewasa. 

  1. Raket Yonex Unisex B4000
Raket badminton Yonex Unisex B40
Raket badminton Yonex Unisex B4000

Lagi – lagi masih dengan merk Yonex, raket Yonex jenis ini terbuat dari alumunium di bagian shape-nya, sedangkan untuk shaft composition-nya terbuat dari steel. Dan di bagian gripnya seperti biasa berbahan karet.

Variasi warna untuk jenis ini yaitu orange, sehingga bisa digunakan oleh laki – laki maupun perempuan. Untuk dimensi raket ini yaitu 60x20x3 cm dengan berat 200 gram, cukup berat dibanding raket lainnya.

  1. Decathlon BR 160
Raket badminton Decathlon BR 160
Raket badminton Decathlon BR 160

Untuk kamu yang baru mendengar raket merk ini. Decathlon merupakan merk internasional yang produknya sudah tersebar di berbagai negara, salah satunya yaitu Indonesia.

Salah satu seri nya yaitu BR 160 cocok dijadikan sebagai raket badminton untuk pemula. Jenis ini terbuat dari baja dan aluminium pada bagian kepala raketnya, sehingga menghasilkan raket yang kokoh.

Untuk beratnya sendiri hanya sekitar 100 gram. Sebenarnya untuk Decathlon ini dibagi lagi menjadi 2 yaitu untuk dewasa dan anak – anak, jadi kamu bisa membelikan raket jenis ini untuk anak yang baru mulai belajar badminton.

  1. Li Ning XP 888 
Raket badminton Li Ning XP 888 
Raket badminton Li Ning XP 888 

Selain Yonex yang produknya sudah sering didengar banyak orang, Li Ning pun sama, produk olahraga satu ini cukup populer di kompetisi badminton Indonesia bahkan dunia.

Nah, untuk series Li Ning kali ini yaitu XP 888 yang mana raket tersebut juga pernah digunakan oleh Atlet Bulutangkis Indonesia, Ginting.

Memang, raket ini memiliki spesifikasi yang bagus. Diantaranya seperti berat yang hanya sekitar 85 – 87 gram dan berbahan dasar Aluminium alloy membuat raket tersebut semakin berkualitas dan nyaman digunakan.

Sehingga cocok menjadi pilihan raket badminton untuk pemula maupun menengah.

  1. Proteam Raket Badminton Sharp Fighter
Raket badminton Proteam Sharp Fighter
Raket badminton Proteam Sharp Fighter

Rekomendasi raket selanjutnya berasal dari produk lokal yaitu Proteam. Merk ini biasanya terkenal pada produk sepak bola.

Tapi mereka juga memproduksi alat olahraga cabang lain salah satunya yaitu raket badminton. Raket yang mereka produksi juga memiliki kualitas yang bagus yaitu terbuat dari Carbon Nanotube.

Yang memiliki panjang sekitar 67,5 cm dan lebar 23 cm. Sedangkan untuk kekuatan senarnya sendiri dari mulai 18 – 20 lbs, yang tentu sudah langsung dipasangkan dari pabriknya.

Proteam ini juga salah satu raket 100 ribuan terbaik yang cocok digunakan pemula.

  1. Raket Yonex GR 303
Raket badminton Yonex GR 303
Raket badminton Yonex GR 303

Rekomendasi raket selanjutnya yaitu Yonex GR 303. Nah GR 303 ini cocok digunakan untuk pemula yang baru mulai.

Sebagai pemula yang baru belajar, tentu kamu membutuhkan raket yang ringan. Dan seri ini berasal dari material aluminium yang ringan namun tetap kuat. Di bagian grip atau pegangannya terbuat dari karet yang kuat namun tetap nyaman digenggam.

Selain itu, GR 303 memiliki senar dengan kekuatan sekitar 20 lbs yang sudah langsung dipasangkan dari pabriknya.

  1. Hi – Qua Super Sonic 
Raket badminton Hi - Qua Super Sonic 
Raket badminton Hi – Qua Super Sonic 

Produk lain dari Hi-Qua yaitu Super Sonic, kualitas raket ini juga tidak kalah dari produk Hi-Qua yang sebelumnya. Material jenis ini juga terbuat dari alumunium alloy di bagian kepala raketnya.

Power speed yang dimiliki oleh Hi-Qua ini juga dapat membuat pukulan lebih kencang sehingga cocok digunakan ketika smash. Selain itu raket super sonic memang ditujukan untuk pemain beginner atau pemula dan intermediate.

Sehingga kamu akan cocok menggunakannya. Apalagi dengan berat 89 – 90 gram dan panjangnya 67 cm akan menambah kenyamanan ketika bermain.

  1. Protech Unlimited Raket Badminton 900Z
Raket badminton Protech Unlimited Raket Badminton 900Z
Raket badminton Protech Unlimited Raket Badminton 900Z

Berbeda dengan raket badminton untuk pemula yang lain, Protech ini merupakan gabungan dari beberapa bahan. Diantaranya seperti 24T high modulus graphite dan material hot melt.

Selain itu kekencangan senar yang dimiliki raket ini juga jauh dengan yang lain yaitu sekitar 23 – 25 lbs, dan maksimal sebesar 30 lbs sangat kencang bukan?

Dimensi raket ini adalah 67x20x67 cm dengan berat sekitar 82 gram dan grip size sebesar 4U-G2. Apabila kamu membeli raket jenis ini, maka di dalamnya sudah termasuk senar yang dipasang dan tas raketnya.

  1. Raket Flypower Kalimasada
Raket badminton Flypower Kalimasada
Raket badminton Flypower Kalimasada

Flypower merupakan brand yang khusus memproduksi peralatan bulutangkis saja. Seperti sepatu, senar, shuttlecock dan tentunya raket.

Nah, salah satu raket populer dari Flypower yaitu Kalimasada, jenis ini termasuk dalam raket badminton ringan dan lentur karena materialnya Carbon Graphite. Biasanya raket ini digunakan untuk pemain bertahan atau ketika menyerang, tapi meskipun begitu tetap cocok dipakai untuk pemula juga sebagai latihan karena ringan.

Dengan kekencangan senar sekitar 22 – 28 lbs tentu dapat membuat pukulan lebih kencang dan powerful. Selain itu bobotnya pun ringan hanya sekitar 84 – 88 gram saja.

  1. Li Ning Turbo X 50 G4
Raket badminton Li Ning Turbo X 50 G4
Raket badminton Li Ning Turbo X 50 G4

Raket badminton untuk pemula dari Li Ning selanjutnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Turbo X 50 G4. Jenis ini dikenal karena memiliki keseimbangan yang baik.

Tak heran jika biasa digunakan oleh para profesional karena cocok digunakan untuk segala gaya permainan badminton. Tapi bukan berarti kamu yang pemula tidak bisa memakai.

Justru dengan menggunakan raket yang memiliki keseimbangan bagus akan membantu kamu berlatih badminton secara maksimal. 

  1. Victor Thruster K Onigiri
Raket badminton Victor Thruster K Onigiri
Raket badminton Victor Thruster K Onigiri

Selain Yonex dan Li Ning, mungkin kamu juga sudah tidak asing dengan merk raket satu ini. Victor Thruster K Onigiri merupakan raket yang dibuat full dengan carbon sehingga ringan dan tidak memiliki sambungan.

Gagang raket yang dimiliki Victor cenderung lebih tipis dan memiliki diameter 6,4 mm saja. Sedangkan panjangnya standar sekitar 675 mm dan tarikan senarnya sebesar 18 – 24 lbs. 

Untuk harganya, raket jenis ini memang paling mahal diantara semuanya.

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi raket badminton untuk pemula, di bawah ini terdapat beberapa daftar referensi harganya. Hanya saja harga ini dapat sewaktu – waktu berubah dan bisa saja setiap toko berbeda.

Daftar Harga Raket Badminton Murah Berkualitas

Berikut tabel harga untuk setiap jenis produk di atas.

NoNama Produk Raket BadmintonHarga
1Fuhua Raket 188Rp55.000
2Raket Uniker Badminton 317Rp.78.000
3LING MEI S203Rp.89.000
4Hi-Qua Power SmashRp127.000
5Yonex GR 201Rp135.000
6Raket Yonex Unisex B4000Rp180.000
7Decathlon BR 160Rp180.000
8Li Ning XP 888Rp189.000
9Proteam Raket Badminton Sharp FighterRp190.000
10Raket Yonex GR 303Rp199.000
11Hi-Qua Super SonicRp215.000
12Protech Unlimited Raket Badminton 900ZRp254.000
13Raket Flypower KalimasadaRp323.000
14Li Ning Turbo X 50 G4Rp329.000
15Victor Thruster K OnigiriRp.445.000

Nah, itulah beberapa referensi harga raket badminton dari 15 produk di atas. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli raket alangkah baiknya kamu mengetahui dulu, sebenarnya apa ciri – ciri raket badminton yang bagus.

Oleh karena itu, kita juga akan membahasnya sekarang.

Ciri – Ciri Raket Badminton yang Bagus

Untuk memastikan raket tersebut bagus atau tidak, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, diantaranya sebagai berikut.

  • Berat Raket

Ada berbagai jenis berat raket yang terjual di pasaran, biasanya ketika kamu membeli raket nanti ada simbol dengan huruf U yang menyatakan berat raket itu sendiri. Diantaranya seperti ini.

  1. U : 95 99 gram.
  2. 2U: 90-94 gram.
  3. 3U: 85-89 gram.
  4. 4U: 80-84 gram.
  5. 5U: 75-79 gram.
  6. 6U: 70-74 gram.

Semakin banyak huruf U nya, maka semakin ringan raket tersebut, begitu juga sebaliknya. Nah, raket badminton yang bagus yaitu yang memiliki bobot ringan.

Idealnya adalah 3U, 4U, 5U dan 6U, sehingga U dan 2U jarang ditemukan. Karena semakin berat raketnya maka ruang gerak kamu ketika bermain juga akan terbatas.

  • Bentuk Kepala Raket

Ciri – ciri raket badminton untuk pemula yang bagus juga dapat dilihat dari bentuk kepala raketnya. Pada raket, bentuk kepalanya dibagi menjadi 2 yaitu Isometrik (kotak) dan Konvensional (oval). Perbedaannya sendiri terletak pada bagian kepala raketnya, seberapa maksimal pantulannya ketika mengenai titik tersebut.

Dan saat ini, lebih banyak raket dengan bentuk kepala yang isometrik karena memang memberikan pantulan yang lebih baik.

  • Fleksibilitas Raket

Fleksibilitas raket dibagi menjadi 4 yaitu Extra Stiff (extra kaku), Stiff, Medium, Extra Flexible dan Flexible. Setiap pemain tentu memiliki kenyamanannya sendiri – sendiri.

Hanya saja apabila kamu masih pemula maka disarankan untuk menggunakan yang medium saja. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih besar untuk mengayunkan raket.

Sedangkan untuk yang sudah profesional, mereka biasanya menggunakan yang Extra Stiff atau sangat kaku. Karena biasanya akan menghasilkan performa pantulan yang bagus.

  • Ukuran Grip Raket

Ukuran grip raket badminton biasanya ditandai dengan huruf G, semakin banyak huruf G maka semakin kecil ukurannya.

  1. G1: 4 
  2. G2: 3.75 
  3. G3: 3.5 
  4. G4: 3.25
  5. G5: 3 
  6. G6: 2.75

Kebanyakan di pasaran, mereka menggunakan ukuran G4 dan G5 tidak terlalu longgar di tangan dan terlalu kekecilan juga. Sebelum membeli raket badminton untuk pemula ada baiknya kamu coba menggenggamnya terlebih dulu.

  • Keseimbangan Raket

Titik keseimbangan raket dihitung dari bagian bawah gagang raket, selain itu titik keseimbangannya jug dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya sebagai berikut.

  1. 270-280 (Head Light-Defensive)
  2. 275-285 (Netral-All Round)
  3. 285-295 (Kepala Heavy-Serangan)
  4. 295-300 (Ekstra Kepala Heavy-Serangan)

Nah, titik keseimbangan yang ideal untuk sebuah raket yaitu 275 – 285mm yang mana yaitu urutan kedua atau netral.

Sehingga apabila dirangkum menjadi satu, kira – kira berikut ciri – ciri raket badminton yang bagus.

  1. Berat raket : Medium (85 – 89 gram)
  2. Bentuk kepala raket : Isometric.
  3. Fleksibilitas raket : Medium stiff.
  4. Ukuran grip raket : G4
  5. Keseimbangan raket : (275 – 2855mm).

Bagaimana? Sekarang kamu sudah tahu kan seperti apa ciri – ciri raket badminton yang bagus? Selain faktor – faktor di atas kualitas raket biasanya dipengaruhi juga oleh merk.

Semakin terkenal merk-nya biasanya semakin bagus juga kualitasnya. Lalu apa saja merk raket badminton yang bagus? Simak list-nya berikut.

Apa Merk Raket Badminton yang Bagus?

Berikut beberapa merk raket badminton yang sudah sering dipakai oleh para Atlet.

  1. Yonex.
  2. Li Ning.
  3. Karakal.
  4. Pro Ace.
  5. Victor.
  6. Karakal.
  7. Adidas.
  8. Wilson.
  9. Carlton.
  10.  Astec.

Itulah beberapa merk raket badminton yang bagus dan banyak digunakan. Tapi bukan berarti dari merk lain tidak bagus ya.

Sampai sini kamu sudah tahu apa saja rekomendasi raket badminton untuk pemula yang bagus. Beserta dengan ciri – ciri raket yang berkualitas dan berbagai pilihan merk ternama.

Jadi, apakah kamu sudah menentukan pilih yang mana? Apabila masih ada yang belum jelas terkait pembahasan raket tersebut langsung sampaikan saja di kolom komentar ya.Referensi

Referensi Artikel

Related Posts :

Tinggalkan komentar

3 + nine =