Mengenal Tehnik Pukulan Drop shot dalam Bulu Tangkis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Pukulan dropshot merupakan salah satu yang ada pada permainan bulu tangkis. Dan jenis pukulan ini wajib dikuasai oleh setiap pemain di samping berbagai teknik lainnya. 

Ada banyak jenis pukulan yang terdapat pada bulu tangkis, seperti service, smash, lob, drive dan pukulan dropshot tadi. Sebagai seorang pemain atau Atlet, maka penting untuk kamu mengerti bagaimana teknik dan cara melakukannya.

Karena teknik pukulan itulah yang akan membantu kamu dalam bermain ataupun mempertahankan kok agar tetap di udara. Nah, untuk mengetahui apa itu dropshot dan bagaimana cara melakukan dropshot dalam permainan bulu tangkis, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini.

Pukulan Dropshot Adalah

Mengenal Tehnik Pukulan Drop shot dalam Bulu Tangkis

Sebenarnya, pukulan dalam bulu tangkis dibagi menjadi 2 yaitu pukulan jauh dan pendek. Nah sedangkan pukulan dropshot adalah gerakan memukul bola bulu tangkis dekat dengan net atau biasa disebut juga pukulan pendek dengan dorongan halus.

Pukulan dropshot dalam bulu tangkis juga dapat disebut kebalikan dari smash, karena smash biasanya dilakukan dengan cepat.

Namun, pukulan dropshot dalam bulu tangkis dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu slow dropshot dan fast dropshot.

Slow dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan secara halus dan hati – hati, sehingga kok bisa benar – benar terjatuh di dekat net daerah lawan. Sedangkan fast dropshot dilakukan dengan gerakan yang pelan namun sedikit bertenaga. Sehingga kok bisa meluncur dengan cepat namun tepat pada dekat net.

Agar pukulan dropshot bisa berhasil, maka dibutuhkan feeling yang kuat dan keterampilan yang baik agar bisa benar – benar jatuh di daerah yang kamu incar. 

Untuk bisa jatuh di daerah yang tepat, maka kamu perlu mengetahui aturan bermainnya, sehingga bisa melakukannya dengan benar. Berikut aturan teknik dropshot.

Aturan Teknik Dropshot

  • Apabila kamu hendak melakukan teknik dropshot, maka gunakan pegangan raket jenis forehand seperti gambar berikut.
Mengenal Tehnik Pukulan Drop shot dalam Bulu Tangkis
  • Posisikan badan menyamping ke kanan atau vertikal dengan arah net nya. Lalu posisi kaki kanan diletakkan di belakang kaki kiri. 
  • Pastikan ketika memukul kok, terjadi pergerakan atau perpindahan tubuh dari kanan ke kiri. 
  • Usahakan posisi tubuh selalu di belakang kok.
  • Ketika hendak memukul kok, pastikan posisi tangan lurus agar bisa menjangkau kok dan dorong secara halus.
  • Sedangkan untuk arah forehand ke lawan, pukul di lengkungan kok sebelah kanan dan kiri untuk backhand.
  • Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan ketika memukul.

Nah, setelah mengetahui istilah pukulan dropshot dalam bulu tangkis dan bagaimana aturannya. Lalu apa sih tujuan dari pukulan tersebut dalam permainan bulu tangkis? 

Tujuan Dari Pukulan Dropshot Adalah

Mengapa pukulan dropshot wajib dikuasai oleh semua pemain? Tentu karena manfaat dari pukulannya sendiri. Tujuan dari pukulan dropshot adalah mencetak poin dengan mengarahkan kok agar jatuh sedekat mungkin dengan net, sehingga pihak lawan akan kesulitan untuk memukul balik.

Pukulan dropshot juga bisa dikatakan untuk mengecoh lawan, karena biasanya pihak lawan sudah siap untuk menerima smash. Namun, ternyata yang diberikan adalah dropshot, sehingga pukulan tersebut akan menjadi ‘kejutan’.

Dan apabila dropshot dilakukan dengan teknik yang benar, maka pihak lawan tidak mudah untuk mengembalikannya. Sehingga dari situlah kita akan mendapatkan poin.

Oleh karena itu, apabila kamu hendak melakukan dropshot. Kamu harus bisa memperkirakan jarak antara net dengan posisi lawannya, sehingga kok tidak mudah dikembalikan oleh mereka.

Hasil Pukulan Drop Shot Pada Bulu Tangkis 

Dari pukulan dropshot bulu tangkis yang bertujuan untuk mengalihkan perhatian lawan tersebut lalu apa seperti apa hasilnya?

Hasil pukulan dropshot dalam bulu tangkis adalah kok yang jatuh di dekat net area permainan lawan. Sebelum jatuh ke area tersebut, umumnya laju pukulan dropshot adalah melengkung pelan melintasi net hingga jatuh di area yang sudah kamu perkirakan sebelumnya.

Namun, tidak semua pemain bisa melakukan dropshot yang benar. Hasil dropshot yang baik yaitu apabila kok jatuh di dekat net namun tidak melebihi batas garis ganda. 

Saking harus akuratnya pukulan dropshot tersebut, bahkan pemain bulu tangkis dunia pun memiliki ciri khasnya masing – masing.

Pertanyaan Tentang Pukulan Drop Shot

Agar kamu lebih paham terkait pukulan dropshot dalam bulu tangkis, berikut terdapat beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan. Berikut diantaranya.

Apa yang Dimaksud dengan Drop Shot?

Dropshot merupakan pukulan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencetak poin. Dengan cara mengarahkan kok agar jatuh ke dekat net daerah lawan. Sehingga tim lawan akan sulit untuk mengembalikannya lagi.

Apa Perbedaan Netting dengan Dropshot?

Pukulan dropshot dan netting sebenarnya hampir mirip, yaitu sama – sama bertujuan agar kok bisa jatuh dekat net, dilakukan secara halus dan tidak dengan tenaga yang kuat.

Hanya saja ketika kamu melakukan dropshot tidak dilakukan tepat di depan net, yaitu dekat dengan garis belakang lapangan. Tapi untuk netting, kamu harus melakukannya persis di depan net.

Untuk hasil pukulannya sendiri sama – sama bertujuan agar jatuh dekat wilayah net lawan. Dan keduanya juga merupakan pukulan pendek.

Langkah Langkah Dropshot?

Untuk menghasilkan pukulan yang benar dan sampai di daerah lawan, maka kamu harus mengetahui bagaimana langkah – langkahnya. Berikut langkah – langkah dropshot.

  1. Paling pertama, posisikan pegangan raket forehand.
  2. Posisikan badan dan raket secara menyamping. 
  3. Ketika memukul, gerakkan badan dengan cepat agar posisi badan berada di belakang kok-nya.
  4. Pukul kok dengan posisi tangan yang lurus, lalu dorong dengan sentuhan yang halus atau tidak terlalu bertenaga.
  5. Arahkan kok ke kanan apabila hendak melakukan dropshot forehand dan arahkan kok ke kiri apabila melakukan dropshot backhand.
  6. Posisi akhir raket seperti arah kok yang sudah dipukul tadi. 

Nah itulah beberapa langkah untuk melakukan pukulan dropshot dalam bulu tangkis. Selanjutnya setelah kamu melakukan langkah tersebut, di bagian manakah kok akan jatuh?

Di Daerah Manakah Jatuhnya Pukulan Dropshot?

Apabila kamu sudah melakukan langkah – langkah tadi, dan dilakukan dengan benar. Maka pukulan dropshot tersebut akan jatuh di dekat jaring net daerah lawan.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika kok jatuh di daerah lain. Hal tersebut tergantung pada sebagus apa pukulan kamu. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui aturan dan cara bermainnya.

Di Manakah Letak Penempatan Jatuhnya Shuttlecock yang Tepat Untuk Mengelabuhi Lawan dengan Menggunakan Pukulan Dropshot?

Daerah jatuhnya kok memang di dekat net area main lawan, tapi ada yang lebih akurat lagi yaitu dekat net namun tidak melebihi batas garis ganda. 

Jadi, apabila kamu ingin kok bisa jatuh di daerah yang tepat, pastikan kamu sudah bisa memperkirakan jarak antara lawan dengan net.

Sehingga tim lawan tidak mudah memukul balik kok tersebut, dan kamu bisa mendapatkan poin.

Nah, sampai sini apakah kamu sudah lebih paham dengan teknik pukulan dropshot dalam bulu tangkis? Baik itu istilahnya, tujuan dari pukulan dropshot ataupun hasilnya. 

Sekarang, saatnya kamu mempraktekan langsung apabila hendak bermain bulu tangkis. Selamat mencoba.

Related Posts :

Tinggalkan komentar

one × five =