Beragam Lantai Lapangan Futsal Yang Layak Dipertimbangkan

Bila ingin membuat lantai lapangan futsal, sebaiknya cari tahu lebih dahulu, mana yang paling baik untuk dipilih. Karena pada dasarnya ada berbagai macam bahan yang dapat digunakan untuk membuat lantai tersebut. Mulai dari bahan dengan kualitas menengah, hingga bahan yang cukup mahal untuk digunakan. Semua tergantung keinginan serta disesuaikan pula dengan dana yang tersedia.

Jika masih awam dalam hal ini, sebaiknya serahkan saja pada ahlinya. Raga Sport Flooring yang berlokasi di Cinere, Depok merupakan salah satu yang ahli dalam hal ini. Karena itu sebaiknya hubungi kontak person kami di 081359989458 dengan Elvind untuk mendapatkan spesifikasi dan penawaran harga yang menarik. Dijamin, kualitas yang kami ajukan sesuai spesifikasi serta biaya yang kami berikan tidak mahal sama sekali. Namun, apabila penasaran dengan berbagai bahan lantai lapangan futsal, sempatkan untuk melihat sedikit penjelasan kami di bawah ini.

Jenis Lantai Lapangan Futsal

Ada beberapa jenis lantai lapangan futsal yang umumnya digunakan. Semua beragam material tersebut memang tergantung pada besaran dana dan spesifikasi yang diinginkan. Bila ingin tahu lebih jelasnya, berikut ini jenis-jenis lantai lapangan futsal.

1.Lantai Lapangan Futsal Vinyl

Yang pertama ada bahan lantai futsal yang terbuat dari vinyl. Jenis ini juga tidak hanya ada satu jenis, tapi ada beberapa jenis tergantung lapisannya. Yang pertama yaitu bahan Vinyl Alite A29145 yang terdiri dari lapisan dalam fiberglass dan lapisan luar permukaan yaitu common gem surface. Untuk ketebalan totalnya berada di angka 4.5 milimeter.

Selanjutnya ada pula bahan Vinyl Alite A23145 yang memiliki lapisan dalam fiberglass mesh layer dan lapisan permukaan kombinasi antara patented sand surface dan BWF suggested surface. Total ketebalan yang dihasilkan dari kombinasi tersebut yaitu setebal 4.5 milimeter.

Terakhir untuk tipe Vinyl Alite yang paling berkualitas ada tipe A28147. Dengan lapisan dalam fiberglass mesh layer, lantai ini memiliki lapisan permukaan berupa patented coral surface. Oleh karena kualitasnya dan ketebalannya, kombinasi tipe ini dapat mencapai tebal hingga 4.7 milimeter.

2.Lantai Lapangan Futsal Interlock

Bahan berikutnya yaitu dengan bahan lantai futsal interlock yang banyak digunakan di berbagai tempat lapangan futsal saat ini. Bahan ini merupakan material yang berbahan dasar plastik yang cukup tebal ditambah dengan beragam warna pilihan yang menarik. Tak heran jika material yang satu ini sedang banyak digemari pecinta futsal. Selain menarik tentunya material ini juga lebih nyaman dan aman jika digunakan untuk bermain futsal. Modelnya yang kesat dan berpori membuat pemain futsal tidak terasa terlalu sakit jika terjatuh di atasnya.

3.Lantai Lapangan Futsal Rumput Syntetis

Selanjutnya bahan yang lebih eksklusive lagi yaitu bahan lapangan futsal yang berupa rumput sintetis. Bahan ini cukup banyak diingikan para pemilik lapangan futsal yang ingin memiliki lapangan dengan kesan mewah dan elegan. Betapa tidak, warna yang dihasilkan dapat berupa kombinasi antara warna rumput segar hijau muda dan hijau tua. Sehingga menimbulkan kesan alami bagi para pemain di lapangan. Selain itu bahan ini juga sangat nyaman dan aman. Karena itu tak salah lagi jika bahan tersebut menjadi favorit bagi banyak pemain futsal.

4.Lantai Lapangan Futsal Plester

Yang terakhir jika bermasalah dengan dana, umumnya akan memilih jenis lapangan futsal plester. Yang dimaksud dengan plester disini yaitu pembuatan lapangan futsal di area tertentu yang disemen. Selanjutnya lantai futsal akan ditempel semacam kertas dengan perekat yang secara umum lebih tampak seperti wallpaper. Fungsi dari kertas tersebut untuk melapisi lantai yang telah disediakan untuk memainkan futsal. Ketebalannya juga sangat tipis dan apabila terjatuh akan terasa kurang nyaman. Oleh sebab itu, bahan yang satu ini memang dari segi kenyamanan dan keamanan bisa dibilang sangat kurang dibanding dengan bahan-bahan lain yang sebelumnya disebutkan.

Memilih Lantai Lapangan Futsal

Banyaknya bahan lantai untuk lapangan futsal memang dapat membuat orang yang awam cukup bingung untuk memilih. Karena tidak tahu pasti mana material yang awet dan mana yang membutuhkan perawatan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu jika bingung memilih, sebaiknya perhatikan berikut ini cara memilih lantai lapangan futsal yang tepat.

1.Tentukan Dana

Yang perlu untuk direncanakan lebih dahulu yaitu dana yang tersedia. Karena aneka bahan yang digunakan akan tergantung pada dana yang tersedia. Sehingga dengan mencocokkan kemampuan dana, akan lebih mudah untuk memilih bahan yang akan digunakan. Tentunya besar biaya akan sebanding dengan kualitas lapangan futsal yang diberikan. Sehingga jangan heran apabila ingin lapangan yang cukup mewah, nyaman dan aman tentu akan menghabiskan dana yang cukup besar. Tetapi jika hanya untuk sekedar bermain di lingkungan sekolah dan kantor untuk olahraga ringan dan bersenang-senang, maka dana yang dikeluarkan tentunya tidak perlu terlalu besar.

2.Tentukan Spesifikasi

Selanjutnya tentukan juga spesifikasi lapangan yang diinginkan. Dalam arti pastikan untuk mempunyai gambaran model lapangan futsal yang diharapkan. Apakah ingin lantai futsal modern, ataukan ingin yang sederhana. Hal ini juga mempengaruhi pemilihan bahan dan material yang digunakan. Sehingga jika menentukan spesifikasi otomatis akan menentukan juga kualitas lantai yang dihasilkan.

3.Pilih Yang Nyaman Dan Aman

Faktor yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan yaitu memilih lantai yang cukup nyaman namun sekaligus juga cukup aman. Karena ada bermacam-macam bahan dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Jangan sampai ketika memilih yang paling murah tidak memperhatikan jenis bahan dan keamanan yang dihasilkan. Contohnya jika membangun lapangan futsal untuk anak sekolah dasar dengan bahan yang licin tentu akan berbahaya. Sebaiknya pilih yang aman dan bukan hanya dari faktor pertimbangan harga yang murah saja. Jika lantai futsal nyaman untuk dimainkan, tentu akan lebih senang dalam bermain nantinya. Termasuk apabila lantai yang dipakai cukup aman, maka kemungkinan cedera dan terjatuh juga akan lebih kecil.

4.Cari Yang Mudah Perawatannya

Menentukan bahan yang mudah perawatannya juga cukup penting. Jangan sampai memang murah di awal namun ternyata butuh banyak biaya dalam merawatnya. Contohnya, ternyata harus mengecat ulang tiap tahun. Atau butuh pembersih khusus untuk menhindari kotoran di lantai lapangan. Hal ini tentu akan menyusahkan di kemudian hari. Karena itu yang paling tepat yaitu mencari yang mudah dalam perawatannya dan tidak memakan banyak biaya ke depannya.

Biaya Pembuatan Lantai Lapangan Futsal

Membuat lapangan futsal memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun demikian bukan berarti juga berat dan mahal. Semua tergantung pilihan material yang dipakai dan jenis lapangan futsal yang diinginkan. Apabila ingin tahu berapa biaya pembuatan lantai lapangan futsal pada umumnya, berikut ini kisaran harga yang pernah dikerjakan oleh Raga Sport Flooring.

1.Biaya Lantai Vinyl

Memakai lantai jenis vinyl ada beberapa tipe seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Namun ini merupakan lantai lapangan futsal dengan biaya yang cukup murah. Dengan kisaran harga sekitar 30-50 juta rupiah, maka lantai lapangan futsal dengan bahan Vinyl Alite sudah dapat diperoleh.

2.Biaya Lantai Interlock

Jenis lantai yang satu ini memang tidak murah. Namun memang sebanding juga dengan kualitas barang yang dihasilkan. Biasanya untuk satu ukuran lapangan futsal berbahan dasar interlock dapat menghabiskan biaya di kisaran lebih dari 100 juta rupiah. Karena itu, jika tertarik dengan tipe lantai yang seperti ini, sebaiknya siapkan kocek lebih dalam untuk membayarnya.

3.Biaya Lantai Rumput Sintetis

Tak jauh berbeda dengan tipe lantai interlock. Lantai lapangan futsal yang satu ini bahkan jauh lebih mahal. Namun memang harga yang mahal ini terbayar dengan keindahan hasil akhir lapangan serta kenyamanan dan keamanan yang jauh lebih tinggi. Oleh sebab itu lantai ini lebih terkesan eksklusive dibanding yang lainnya. Jika tertarik untuk membuat lapangan futsal elegan berbahan rumput sintetis, sebaiknya siapkan dana minimum di kisaran 150 juta rupiah.

4.Biaya Lantai Plester

Jika dana yang dimiliki terbatas, tentunya lantai plester adalah alternative yang paling murah. Untuk mendapatkan lapangan futsal dengan bahan tersebut, cukup menyediakan dana puluhan juta saja. Bahkan sebagian besar lantai lapangan futsal berbahan plester hanya menghabiskan dana di kisaran angka 20 juta saja. Karena itu, inilah bahan yang paling ekonomis di antara semuanya.
Setelah melihat sedikit penjelasan di atas, tidak ada salahnya jika segera memutuskan mana lantai yang paling baik untuk digunakan. Baik lantai lapangan futsal outdoor maupun lantai lapangan futsal indoor. Untuk semua fungsi di atas, melalui Raga Sport Flooring akan tersedia bahan-bahan berkualitas yang awet serta tahan lama. Simak saja contoh pengalaman kami sebelumnya di situs www.kontraktorlapangan.id. Tentunya kualitas yang kami berikan benar-benar baik dan tidak mengecewakan. Jadi, tidak perlu tunda-tunda, sebaiknya segera hubungi kami yang ahlinya pembuatan lapangan futsal berkualitas.

Leave a Comment