Kursi Wasit Badminton : Ukuran, Desain & Harganya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Kursi wasit badminton merupakan salah satu perlengkapan yang sebaiknya ada ketika pertandingan, apalagi jika ini merupakan ajang kompetisi. Yang menerapkan seluruh aturan standar internasional dari BWF.

Setiap pertandingan olahraga tentu terdapat peran wasit di sana. Merekalah yang nantinya akan memandu jalannya permainan tersebut sehingga bisa berjalan sesuai peraturan.

Seperti yang kamu lihat di olahraga sepakbola, voli dan yang lain pasti memiliki wasit. Hanya saja mungkin jumlah wasitnya berbeda, selain itu jika di sepakbola wasitnya cenderung turun langsung di lapangan.

Namun berbeda untuk badminton. Jika kamu sering melihat pertandingan badminton pasti sering melihat jika wasitnya duduk di kursi wasit badminton yang sudah disediakan. 

Tapi apakah kamu tahu mengapa mereka disediakan tempat di sana? Dan seperti apa peran dari wasit badminton, yuk kita pelajari lebih lanjut.

Peran Wasit Badminton

Berbicara mengenai wasit, sebenarnya ada berapa jumlah wasit bulu tangkis ketika pertandingan? Apakah hanya 1 yang biasa duduk di kursi atau ada yang lain lagi?

Nah, sebenarnya dalam pertandingan badminton sendiri setidaknya ada 8 orang. Yang mana 8 wasit ini dibagi ke beberapa bagian, diantaranya seperti.

  •  Wasit Utama 

Wasit utama atau biasa disebut umpire memiliki peran paling besar dalam jalannya pertandingan. Wasit utama hanya terdiri dari 1 orang, yang mana perannya adalah bertanggung jawab terhadap pengambilan keputusan jika terjadi kesalahan dan meminta permainan untuk diulang.

Selain itu, kewajiban wasit utama adalah menyelesaikan perselisihan jika terjadi pada kedua pemain. Dan secara berkala memberikan informasi terkait perkembangan pertandingan pada penonton.

  • Hakim Servis

Selanjutnya adalah hakim servis, wasit yang menjadi hakim servis juga hanya 1 orang. Sesuai namanya, wasit ini bertugas untuk menilai servis yang dilakukan pemain ketika awal pertandingan.

Apabila terdapat fault atau pelanggaran. Hakim servis harus memberitahukannya kepada umpire untuk selanjutnya dipertimbangkan lebih lanjut terkait keputusan akhirnya.

  • Hakim Garis

Sisa wasit dari umpire dan hakim garis yaitu 6 orang. Keenam orang itulah yang nantinya akan menjadi hakim garis atau linesman.

Linesman bertanggung jawab untuk melihat di mana jatuhnya kok dalam area permainan. Apakah kok tersebut masih di dalam wilayah pemain, menyentuh garis batas, atau justru keluar dari lapangan. 

Apabila linesman tidak bisa melihat jatuhnya kok atau salah dalam menentukan titiknya. Maka yang akan mengambil alih keputusannya adalah wasit utama.

Namun, saat ini teknologi sudah semakin berkembang. Apabila ada yang meragukan titik jatuhnya kok, maka bisa dilakukan challenge atau melihat ulang jatuhnya kok dengan teknologi yang ada, hal ini bisa lebih memperkuat kebenaran.

Dari 8 wasit tersebut, hanya ada 1 orang yang akan duduk di kursi wasit badminton yang telah disediakan. Yaitu wasit utama, untuk mengetahui lebih lanjut mengapa harus duduk di kursi tersebut simak penjelasannya di bawah ini.

Kursi Wasit Badminton

Seperti yang kita tahu, dalam pertandingan badminton. Untuk bisa melihat siapa yang mendapatkan skor kita harus tahu dulu kok yang dipukul jatuh di area mana. 

Baru dari situ, wasit bisa menentukan tim mana yang mendapatkan skor. Maka dari itu, seorang wasit dalam bulu tangkis tentu harus memperhatikannya dengan jelas, dan tidak bisa hanya melihat dari pinggir lapangan saja.

Oleh karena itulah, terdapat kursi tinggi yang berada di tengah – tengah lapangan untuk tempat wasit utama. Letak kursinya biasanya sejajar dengan net.

Dengan duduk di atas kursi wasit badminton, maka wasit bisa lebih leluasa memperhatikan pemain. Dan melihat di mana jatuhnya kok.

Meskipun jika kamu hanya bermain biasa tidak harus menggunakan kursi seperti ini, namun siapa tahu nantinya kamu akan melakukan pertandingan sungguhan. Dan tentunya harus ada wasit juga dan kursi tersebut.

Ukuran kursi ini juga tidak sembarangan, walaupun tidak ada aturan yang baku. Namun ada aturan standar yang biasa digunakan di seluruh ajang pertandingan, ukuran itulah yang bisa kamu gunakan acuan nantinya.

Berikut ukuran kursi yang biasa digunakan dalam pertandingan badminton oleh para wasit.

Ukuran Kursi Wasit Badminton

Tidak ada aturan baku terkait ukuran kursi badminton yang harus digunakan ketika pertandingan. Hanya saja terdapat aturan ideal yang biasa digunakan para pembuat kursi tersebut, yang mana ukuran kursi ini sudah banyak beredar di pasaran.

Berikut ini terdapat salah satu contoh gambaran kursi wasit badminton. Dari salah satu produsen pembuat kursi. 

Kursi Wasit Badminton : Ukuran, Desain & Harganya

Sumber Gambar : tokosportonline.com

Kursi tersebut dibuat dari material baja ringan, yang dilapisi dengan cat powder coating berwarna biru, ukuran kursi badminton tersebut diantaranya yaitu tinggi kursi wasit badminton dari permukaan bawah sampai atas adalah 155 cm.

Tinggi sandaran di bagian atas kurang lebih 40 cm, dengan lebaran tempat duduknya sekitar 48 cm x 40 cm. Kursi tersebut juga dilengkapi dengan papan meja kecil dengan ukuran panjang dan lebarnya yaitu 43 cm x 23 cm dan tebal 1 cm.

Untuk memudahkan perpindahan kursi, maka dilengkapi dengan 2 roda di bagian bawahnya dengan ukuran 6”. Selain itu, juga terdapat karet hitam agar kursi tidak mudah bergeser – geser.

Total seluruh berat kursi badminton kurang lebih adalah 20 kg. Kamu juga tidak perlu khawatir karena sistem kursi ini yaitu dirakit atau bisa dibongkar pasang.

Untuk desain kursinya tidak hanya sebatas seperti gambar di atas. Masih ada lebih banyak desain yang tersedia di pasaran, berikut beberapa desain kursi wasit badminton yang biasa digunakan.

Desain Kursi Wasit Badminton

Kursi wasit untuk badminton memiliki desain yang berbeda – beda. Tergantung produsen yang membuat kursi tersebut. Tapi tenang saja, jika untuk ukuran hampir semua sama. 

Nah berikut beberapa gambar kursi wasit badminton yang bisa kamu jadikan referensi apabila nantinya hendak membeli.

  1. Desain Kursi Pertama
Kursi Wasit Badminton : Ukuran, Desain & Harganya

Desain kursi ini cukup berbeda dengan yang dicontohkan sebelumnya. Jika dilihat dari gambarnya, kursi ini kelihatannya terbuat dari besi namun yang membedakan yaitu tidak ada papan meja kecil yang bisa digunakan untuk menulis atau menaruh sesuatu.

  1. Desain Kursi Kedua
Kursi Wasit Badminton : Ukuran, Desain & Harganya

Desain kedua cukup sama dengan yang pertama kali dicontohkan, sama sama menggunakan besi dan ada meja kecilnya. Namun, sepertinya kursi ini akan lebih nyaman karena di bagian tempat duduknya diberi sedikit bantalan.

Sehingga akan nyaman walaupun duduk berjam – jam. Selain itu, di bagian permukaan kursi terdapat tatakan berbentuk persegi panjang, hal ini akan membuat kursi lebih aman dan tidak mudah bergeser.

  1. Desain Kursi Ketiga
Kursi Wasit Badminton : Ukuran, Desain & Harganya

Selanjutnya adalah desain kursi badminton ketiga, kursi ini juga memiliki meja kecil. Yang membedakan dari sebelumnya adalah di bagian tempat duduknya.

Hanya saja material yang digunakan di sini yaitu plastik. Sedangkan jika sebelumnya terdapat sedikit bantalan. Dan di permukaan bawah tidak memiliki tatakan.

Nah, itulah beberapa desain kursi yang bisa kamu pilih. Pilihlah yang menurutmu paling nyaman digunakan dan tidak mengakibatkan cepat pegal. 

Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap perhatikan ukuran kursi wasit badminton nya. Agar tetap sesuai dengan standar BWF.

Related Posts :

Tinggalkan komentar

twelve + eighteen =