Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Apakah kamu salah satu pecinta bulu tangkis dan seringkali menonton kejuaraan dunia bulu tangkis? Baik untuk nomor putra, putri maupun campur.

Seperti yang kita semua tahu, bulu tangkis merupakan salah satu olahraga populer. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga asia bahkan dunia. Oleh karena itulah banyak kejuaraan bulu tangkis yang sering diselenggarakan setiap tahun atau beberapa tahun sekali. 

Sebagai penggemar bulu tangkis, apakah kamu tahu kejuaraan apa saja yang rutin diselenggarakan dunia? Atau kamu hanya baru tahu beberapa kejuaraan saja?

Nah, agar kamu lebih tahu dan bisa menyaksikan setiap kejuaraannya simak daftar penjelasannya di bawah ini.

Daftar Kejuaraan Bulu Tangkis

Kejuaraan bulu tangkis jika dilihat dari regunya dibagi lagi menjadi tiga, yaitu regu putra, putri dan campuran. Berikut ini beberapa daftar kejuaraan bulu tangkis tingkat dunia.

Kejuaraan Umum
All England
Sudirman Cup
Indonesia Open
Indonesia Masters
Denmark Open
China Open
Japan Open
India Open
Singapore Open
France Open
Thailand Open
Korea Open
Hongkong Open
Malaysia Open
BWF World Tour, dst.
Daftar kejuaraan dunia bulu tangkis secara umum
Kejuaraan Putra
Thomas Cup
Daftar kejuaraan dunia bulu tangkis putra
Kejuaraan Putri
Uber Cup
Daftar kejuaraan dunia bulu tangkis putri

Dari daftar kejuaraan bulu tangkis tersebut, berikut ini terdapat beberapa penjelasannya. Langsung saja kamu simak.

Kejuaraan Bulu Tangkis Umum

Kejuaraan pertama yaitu untuk regu campuran atau kategori umum. Dalam kejuaraan di bawah mempertandingkan nomor tunggal putra & putri, ganda putra & putri dan terakhir ganda campuran.

All England

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri

Kejuaraan pertama adalah All England yang diadakan setiap 1 tahun sekali, siapa yang tidak tahu dengan kejuaraan bangkis tertua di dunia. 

Sejarah All England dimulai ketika keberhasilan turnamen bulu tangkis dunia pada 1898 di Guildford. Setelah itu, kejuaraan ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 1899.

Hanya saja pada 3 tahun pertama, kejuaraan ini bernama Open English Championship yang akhirnya berubah sejak 1902 menjadi The All England Championship atau All England.

Ketika awal kejuaraan All England diselenggarakan, hanya ada 3 nomor yang dipertandingkan yaitu ganda putri, ganda putra dan beregu. Namun pada tahun kedua ditambah nomor tunggal putra dan putri.

Selain itu All England tidak berjalan semulus yang kamu kira, apalagi saat itu sempat terjadi perang dunia I dan perang dunia II yang mengakibatkan batal dilaksanakan.

Dan selama tahun 1989 sampai 1977, All England masih belum menjadi turnamen resmi. Hingga pada tahun itu juga, Federasi Bulu Tangkis Internasional meresmikan kejuaraan tersebut menjadi kejuaraan resmi dunia.  

Singkat cerita, All England memulai babak barunya pada tahun 2011 karena dinobatkan sebagai salah satu turnamen Super Series Premier. Hal tersebut tentu membuat All England menjadi kejuaraan bulu tangkis yang bergengsi sampai saat ini  dengan umur yang sudah lebih dari 100 tahun.

Sudirman Cup

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri

Kejuaraan selanjutnya yaitu Sudirman Cup atau piala Sudirman. Tentu kamu sudah tidak asing kan dengan kejuaraan Sudirman ini? Apalagi belum lama kejuaraan tersebut baru saja diselenggarakan.

Sudirman Cup merupakan kejuaraan internasional yang rutin diadakan 2 tahun sekali. Lalu mengapa dinamakan Sudirman Cup? Bukankah seperti nama dari Indonesia dan bagaimana sejarah Sudirman Cup?

Hal tersebut memang benar, Sudirman diambil dari nama Dick Sudirman. Beliau merupakan tokoh bulu tangkis Indonesia.

Sudirman merupakan salah satu orang yang memprakarsai berdirinya PBSI, bahkan pernah menjabat menjadi ketua PBSI selama 22 tahun.

Tidak hanya berkontribusi pada bulu tangkis Indonesia, Sudirman juga pernah menjadi wakil presiden IBF pada saat itu. Namun, kontribusinya pada dunia tidak hanya itu.

Pada 1978, WBF memutuskan untuk memisahkan diri dari IBF. Sehingga pada saat itu mereka berjalan sendiri – sendiri.

Akhirnya, Sudirman tidak tinggal diam, ia mengajak dua organisasi tersebut untuk bertemu pada pertemuan informal di Bandung. Dari hasil pertemuan itulah IBF dan WBF bersatu menjadi BWF sampai saat ini tepat pada tanggal 28 Mei 1981. 

Namun, pada tahun 1986 Sudirman wafat dan salah satu temannya yang merupakan wakil ketua PBSI saat itu mengirim surat pada IBF agar membuat sebuah kompetisi untuk mengenang Sudirman.

Ide itu pun disetujui IBF dan lahirlah kejuaraan Sudirman atau Sudirman Cup. Yang diselenggarakan pertama kali pada 1989 di Jakarta, dan Indonesia berhasil menjadi pemenangnya.

Dari situlah, Sudirman Cup rutin diadakan 2 tahun sekali oleh BWF. Hingga yang terakhir pada bulan September – Oktober 2021 kemarin, yang diselenggarakan di Vantaa, Finlandia.

Indonesia Open & Indonesia Masters

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri

Selanjutnya terdapat kejuaraan umum yang diadakan oleh negara Indonesia atau PBSI. Indonesia Open pertama kali diadakan di tahun 1982.

Indonesia Open bahkan dinobatkan sebagai turnamen badminton terbaik di dunia. Hingga akhirnya pada tahun 2007, kejuaraan Indonesia Open masuk dalam jajaran Super Series yang diselenggarakan pada 12 negara saja.

Hal tersebut bertahan sampai tahun 2017. Dan pada 2018 sampai sekarang, namanya berubah dari yang bernama Indonesia Open berubah menjadi World Tour Indonesia Super 1000. 

Terhitung sejak tahun 1982 sampai sekarang, kejuaraan ini sudah pernah diadakan di 9 kota Indonesia, dan dari tahun 2007 sampai sekarang selalu di kota Jakarta. Pada turnamen ini Indonesia masih menjadi pemegang gelar terbanyak yaitu 82. Disusul China 45, Korea Selatan 14 dan Malaysia 11.

Tahun ini, Indonesia Open 2021 akan diselenggarakan di Bali tanggal 23 – 28 November nanti. Sedangkan yang kedua adalah Indonesia Masters, yang perlu kamu ingat dua kejuaraan ini berbeda dan tingkatnya pun tidak sama.

Jika Indonesia Open masuk dalam BWF World Tour Super 1000 maka Indonesia Masters masuk kategori BWF World Tour Super 750.

Pemain yang mendapatkan juara pada dua ajang kompetisi tersebut, maka berpeluang tampil pada BWF World Tour Finals yang akan diselenggarakan di Bali akhir tahun ini.

Denmark Open

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri

Kejuaraan umum lainnya yang sering diikuti oleh Indonesia adalah Denmark Open. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Denmark Badminton Forbound.

Berbicara terkait Denmark Open, kejuaraan ini ternyata sudah berdiri sejak lama. Yaitu dari tahun 1935. Namun lagi – lagi sempat mengalami kendala karena perang dunia II dari tahun 1955 sampai 1964.

Denmark Open diadakan setiap 1 tahun sekali pada akhir tahun, biasanya pada bulan Oktober. Namun untuk tahun 2020 kemarin beberapa negara besar seperti China, Malaysia, Indonesia dan Thailand tidak bergabung karena adanya pandemi COVID.

Hingga pada Oktober 2021 ini, Denmark Open kembali diadakan. Nomor – nomor yang dipertandingkan diantaranya seperti ganda putra, tunggal putra, ganda putri dan tunggal putri.

Selain kejuaraan di atas, masih banyak kejuaraan umum lain yang diselenggarakan masing – masing negara seperti China Open, France Open, Japan Open, Korea Open dan masih banyak lagi seperti daftar yang ada di atas sebelumnya.

Untuk kejuaraan selanjutnya di bawah ini cukup berbeda, yaitu bukan diselenggarakan oleh negara tetapi BWF.

BWF World Tour

Selanjutnya adalah BWF World Tour, yang merupakan seri turnamen kelas bulutangkis yang diselenggarakan oleh BWF. Kompetisi ini hanya terbuka untuk pemain peringkat dunia baik itu tunggal (putra & putri), ganda (putra & putri) dan ganda campuran.

BWF World Tour dibagi lagi menjadi 6 level yaitu World Tour Finals, Super 1000, Super 750, Super 500, super 300 dan super 100.

Enam level tersebut tergantung pada setiap turnamen negaranya, kamu bisa lihat pada tabel berikut.

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri
Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri
Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri

Setelah para Atlet bermain pada turnamen tersebut, mereka yang mendapatkan juara atau poin diperbolehkan untuk bermain di BWF World Tour Final. Salah satunya adalah Atlet yang memenangkan olimpiade kemarin, maka secara otomatis mendapat tiket bermain di BWF World Tour Finals.

Sebanyak 8 pemain atau pasangan dari masing – masing klasemen BWF World Tour, dengan maksimal 2 pemain atau pasangan dari asosiasi anggota yang sama.

Berikut tabel kejuaraan untuk masing – masing turnamen dan jumlah poin yang sudah diselenggarakan negara.

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri

BWF World Tour Finals akan diadakan secara bersamaan dengan Indonesia Open dan Indonesia Masters akhir tahun ini di Bali.

Kejuaraan Bulu Tangkis Putra

Setelah kejuaraan umum yang mempertandingkan beberapa nomor, kali ini giliran kejuaraan untuk nomor putra.

Thomas Cup

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri

Tentu kamu sudah tidak asing dengan kejuaraan bergengsi Thomas Cup ini, apalagi pada Oktober 2021 kemarin Indonesia baru saja membawa pulang piala Thomas ke tanah air.

Thomas Cup merupakan kejuaraan internasional bulu tangkis yang mempertandingkan nomor beregu putra. Kejuaraan ini awalnya diadakan 3 tahun sekali, hanya saja mulai tahun 1982 berganti menjadi 2 tahun sekali sampai sekarang.

Nama Thomas dalam kejuaraan ini berasal dari tokoh bulu tangkis bernama Sir George Alan Thomas, yang mana merupakan mantan presiden IBF pada saat itu dan pemain badminton asal Inggris. Beliau menyumbangkan piala ini pada tahun 1939 lalu. 

Piala Thomas merupakan kejuaraan yang diadakan oleh IBF dan merupakan yang tertua. Awalnya terdapat 10 negara yang mengikuti, namun hanya terdapat 5 negara yang berhasil mempertahankan kejuaraannya yaitu Tiongkok, Malaysia, Indonesia, Jepang dan Denmark.

Setiap tim atau peserta yang mengikuti piala Thomas berjumlah 3 tunggal dan 2 ganda. Untuk gelar kejuaraannya sendiri, sampai saat ini Indonesia masih memimpin sebanyak 14 gelar kejuaraan.

Kejuaraan Bulu Tangkis Putri

Setelah sebelumnya kejuaraan untuk putra, kali ini merupakan kejuaraan bulu tangkis putri yang tidak kalah bergengsi dengan Thomas Cup. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Uber Cup

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis untuk Putra dan Putri

Uber Cup atau piala Uber bisa dibilang 11 12 dengan Thomas Cup, hanya saja berbeda pada regu yang dipertandingkan yaitu untuk putri.

Piala Uber juga awalnya diadakan setiap 3 tahun sekali, namun sejak 1984 hanya diadakan 2 tahun sekali bersamaan dengan Thomas Cup. Nama Uber dalam kejuaraan ini berasal dari nama tokoh bulu tangkis putri yaitu H.S Betty Uber yang berasal dari Inggris.

Uber Cup pertama kali diadakan pada tahun 1957, di Preston Lancashire Inggris. Kejuaraan tersebut diikuti oleh 11 negara dan kala itu dimenangkan oleh Amerika Serikat.

Namun, semakin ke sini hanya ada 5 negara yang berhasil mendapat juara yaitu Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Indonesia dan Korea Selatan.

Untuk nomor pertandingannya sendiri, sejak 1984 terjadi perubahan dari yang awalnya 3 tunggal 4 ganda, menjadi 3 tunggal dan 2 ganda.

Nah, itulah beberapa penjelasan dari kejuaraan dunia bulu tangkis umum, kejuaraan putra dan kejuaraan putri. Sampai sini kamu jadi lebih paham kan apa saja kejuaraan bulu tangkis yang biasa diadakan dan diikuti Indonesia?

Dan jangan lupa saksikan pertandingan badminton terdekat, Indonesia Open, Indonesia Master dan BWF World Tour November sampai Desember nanti.

Related Posts :

Tinggalkan komentar

eighteen − 3 =